oleh

Ibu-ibu Lomba Cipta Menu Non Beras dan Terigu di Pace Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim – Lomba cipta menu non beras – non terigu digelar tim penggerak PKK Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia 2022.

Lomba itu guna meningkatkan pengetahuan perilaku serta pemikiran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Lomba para ibu-ibu PKK Kecamatan Pace tersebut dilaksanakan di pendopo kecamatan setempat. Pesertanya adalah tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pace, Nganjuk.

Camat Pace Ida Shobihatin mengungkapkan lomba yang digelar mulai Kamis (11/8/2022) tersebut untuk memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia serta menambah wawasan bagi masyarakat dalam mengolah makanan.

“Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat mengembangkan ide-ide kreatifnya dalam mengolah makanan yang tidak harus senantiasa berbahan dasar beras,” ungkap Ida, Jumat (12/8/2022).

Ida menjelaskan bahwa sumber karbohidrat yang dulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat, sehingga perlu upaya merubah pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi B2SA.

“Khususnya dalam memilih dan menentukan menu B2SA sesuai dengan kemampuan yang berpotensi sumber daya lokal dengan memanfaatkan potensi pangan guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif,” ujarnya.

Dikatakan Ida, tidak hanya lomba cipta menu saja yang diadakan Kecamatan Pace, akan tetapi ada juga lomba kader berprestasi dan bazar di bulan kemerdekaan RI ini.

“Dari kegiatan ini nantinya akan kami cari bibit-bibit terbaik tingkat kecamatan dan diambil kejuaraan 1, 2 dan 3 saja,” kata Ida.

Ida menambahkan, untuk juara 1 nantinya akan ikut berpartisipasi mewakili kecamatan dalam lomba cipta menu tingkat Kabupaten.

Ida berharap lomba bisa berjalan dengan lancar dan nantinya bisa menimbulkan ide-ide kreatif bagi masyarakat, terutama sekali untuk bisa membuat menu makanan menu masakan yang lebih beragam lagi

“Tentunya lebih bergizi dan juga seimbang bagi keluarga sehingga keluarga kita bisa Sehat Sejahtera Amin,” kata Ida memungkasi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.