Deretan Tempat Wisata di Jombang untuk Libur Akhir Pekan 2022

Jombang, Jurnal Jatim Bagi masyarakat Jombang, Jawa Timur dan sekitarnya, libur akhir pekan tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Karena, di daerah yang memiliki julukan ‘kota santri‘ ini banyak tempat seru dan layak dikunjungi bersama di akhir pekan.

Berlibur akhir pekan memang selalu menjadi momentum untuk menghilangkan penat sekaligus menghabiskan waktu bersama.

Bepergian dengan menggunakan mobil pribadi lebih aman, karena bisa memilih akan bepergian dengan siapa, baik keluarga atau teman-teman untuk mengunjungi tempat tersembunyi yang dapat dijangkau dengan jalan darat.

Nah, berikut ini daftar tempat seru sekaligus wisata di Jombang, Jawa Timur yang bisa dikunjungi bersama teman-teman maupun keluarga dirangkum Jurnaljatim.com dari berbagai sumber:

1.
Goa Sigolo Golo merupakan wisata alam yang berlokasi di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang Jawa Timur. Wisata alam menampilkan tidak hanya pesona keindahan goa, tetapi keindahan alam sekitar yang menjadi daya tarik untuk datang menikmati sembari menghilangkan penat para wisatawan.

Goa Sigolo-golo terletak di kompleks obyek wisata di Wonosalam berdekatan dengan objek wisata seperti Air Terjun Tretes, Sumber Boto, Makam Gunung Puncung, dan beberapa kawasan untuk perkemahan. Kawasan yang mengelilingi Goa Sigolo Golo ini adalah kawasan hutan yang sedang direhabilitasi. Wisata Goa Sigolo Golo sangat cocok bagi anda yang berpetualang dan menghilangkan penat.

Fasilitas: Fasilitas di wisata Goa Sigolo-Golo cukup lengkap, mulai dari fasilitas toilet, area parkir kendaraan, musala, rumah , dan masih banyak lainnya.

HTM: Hari biasa Rp 5000 (jika belum berubah).
Akhir Pekan/Musim Liburan Rp10.000.
Jam Buka: 08.30-17.00

2. Sumber Biru
– Wisata Sumber Biru bisa menjadi salah satu wisata yang recommended untuk dikunjungi bersama pasangan atau keluarga besar anda. Wisata yang akhir-akhir ini seringkali dijadikan spot foto dan ngehits di media sosial jombang ini berlokasi di Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Sungai yang jernih, udara yang bersih, serta suasana pegunungan yang asri dan sejuk menjadikan wisata alam ini cocok dijadikan destinasi bagi para pengunjung yang berniat melepas penat dan mendapat ketenangan dari suasana alam.

Wisata ini dikelola POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang dibangun di atas lahan milik warga. Berkunjung ke wisata sumber biru dapat dengan menggunakan motor, mobil, bahkan bersepeda ontel.

Spot foto di lokasi ini terbilang banyak, seperti jembatan cinta, deretan payung yang tertata cantik dari jalan masuk hingga kedalam lokasi wisata, replika kapal, jembatan warna-warni dan yang paling banyak diminati adalah berswafoto di warung air dengan kursi dan meja terletak di tengah-tengah sungai yang mengalir dengan lampu-lampu indah yang ada di atasnya.
Lokasi : Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Harga Tiket : Rp5000 (jika belum berubah).
Jam Buka : 08.00 WIB – 20.00 WIB (buka setiap hari)

3. Sumberboto
Wisata Sumberboto lokasinya di Desa Japangan Kecamatan Mojowarno, Jombang. Terletak di kaki Gunung Anjasmoro daerah timur Kabupaten Jombang, membuat daerah ini memiliki wisata alam yang menarik untuk dikunjungi seperti, dan bumi perkemahan yang cukup luas.

Selain wisata alam yang dapat dinikmati keindahannya, terdapat juga kolam renang dengan mata air asli pegunungan yang dapat digunakan. Di area wisata Sumberboto ini juga terdapat Monumen Sumberboto yang merupakan bukti sejarah perjuangan kemerdekaan RI oleh pasukan Wanara.

Terkenal dengan keindahan alam dan sumber mata airnya, wisata Sumberboto juga menyediakan area bumi perkemahan yang cukup luas dan ramai dikunjungi pelajar. Di dalam area wisata Sumberboto juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap untuk pengunjung, seperti toilet, musala, tempat makan/kuliner dan juga aula.

Harga tiket masuk Wisata Sumberboto sebesar Rp10.000 per orang. (Jika tidak berubah).

4. Kedung Cinet

Kedung Cinet juga menjadi salah satu tempat wisata alam tersembunyi di Jombang yang menarik untuk diexplore. Pesona terbaiknya akan menghipnotis pengunjung di wisata ini.

Tempat piknik ini berlokasi di Tanggungan, Klitih, Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Menjadi salah satu alam terbaru dan tersembunyi di Jombang, fasilitas yang ada tempat parkir kendaraan wisata, Gazebo, Toilet umum, Camping area, Spot foto instagramble dan juga tempat duduk wisata

5. Air Terjun Sekelip
Keindahan alam Air Terjun Sekelip Jombang ini siap memanjakan aktivitas liburan anda di akhir pekan ini. cocok untuk merelaksasi jiwa dan tubuh lelah akan sibuknya aktivitas sehari-hari.

Alamat dari Terjun Sekelip sendiri berlokasi di Wonokerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

6. Bukit Seloringgit
Tempat wisata Jombang yang satu ini sedang hits dikalangan pecinta alam Jombang. Anda yang hobi camping ataupun mendaki gunung harus untuk mengunjunginya. Pesona terbaik Bukit Seloringgit akan memanjakan siapa saja yang singgah menikmati keindahan serta spot terbaiknya.

Nikmati sensasi liburan di Jombang yang semakin berkualitas dan tak terlupakan dengan mengunjungi Bukit Seloringgit bersama orang tercinta.

Alamat dari Bukit Seloringgit sendiri berlokasi di Panglungan, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

7. Banyu Mili
Jika anda penggemar film Hobbit, tak perlu jauh-jauh harus ke New Zealand. Wisata ala rumah hobbit sudah ada di Kabupaten Jombang. Ya, wisata buatan bernama Banyu Mili di Carang Wulung di Kecamatan Jombang menjadi primadona bagi instagramers. Selain menawarkan wisata buatan, wisata Banyu Mili ini dikelilingi pemandangan alam Kecamatan Wonosalam yang cantik.

Panorama yang di tawarkan di Banyu Mili adalah pemandangan dan udara Gunung Arjuno. Sekelilingnya juga sungai buatan dan perahu yang bisa dinaiki pengunjung. Selain itu ada rumah ala hobbit yang menjadi tujuan wisatawan untuk berfoto.

Medan tanah Banyu Mili yang naik turun akan menjadi sensasi petualangan tersendiri. Banyu Mili merupakan wisata keluarga jadi cocok untuk membawa keluarga serta anak-anak untuk menikmati liburan.

Lokasi Banyu Mili
Untuk menuju ke lokasi Banyu Mili, siapkan stamina dan persiapkan kendaraan pribadi anda dalam kondisi prima. Lokasinya memang sedikit menanjak karena berada di area trek penggunungan. Banyu Mili terletak sekitar 1 km dari Wonosalam Training Centre.

HTM: Rp5.000 (Jika belum berubah).

8. Museum Islam K.H Hasyim Asyhari
Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari (MINHA) telah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Desember 2018 yang lalu. Lokasi Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Asyari berada di areal parkir kompleks makam .

Sebagai tujuan dalam pembangunan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari untuk memberikan pengetahuan tentang proses perkembangan agama Islam di Indonesia. Dalam Museum, terdapat cerita, foto, dan buku-buku terkait proses masuknya Islam Indonesia.

Alamat : Cukir, Diwek, Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang,  Jawa Timur. Jam Buka : 08.00 – 16.00

9. Candi Rimbi
Candi Rimbi lokasinya di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.  Daerah ini terletak dikaki sebelah barat gunung Anjasmoro berada di antara hunian penduduk, persawahan dan hutan lebat disekelilingnya serta pemandangan yang indah.

Candi Rimbi adalah peninggalan agama Hindu dari masa Klasik Majapahit merupakan candi pendharmaan Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi l ibunda dari prabu hayam wuruk.

Candi ini juga sering disebut Cungkup Pulo. Nama Rimbi dikaitkan dengan nama tokoh pewayangan bernama Arimbi, isteri Werkudara atau yang lebih dikenal dengan nama Bima.

10. Bale Tani
Tempat wisata yang memiliki spot foto banyak, memiliki beraneka ragam jenis tanaman dan sekaligus dapat menikmati hasil dari berbagai macam tanaman atau sekedar refreshing dan mengilangkan penat maka Bale Tani Jombang menjadi tujuan wisata yang tepat.

Bale Tani merupakan salah satu agrowisata yang ada di kabupaten Jombang. Bale Tani cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga karena selain adanya beraneka ragam spot foto yang menarik serta terdapat kolam renang yang cocok untuk bermain bersama keluarga.

Lokasi Bale Tani cukup mudah ditemukan yakni berada disekitar Kawasan Pabrik Sepatu Venezia sehingga wisatawan tidak akan kesusahan untuk mencari lokasi Bale Tani yang tepat di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB
HTM : Rp5.000/orang (jika belum berubah).

11. Kampoeng Djawi
Kampoeng Djawi menjadi tujuan wisata yang tepat bagi yang ingin melepas penat dengan refreshing dan merasakan suasana asri daerah pedesaan dengan berbagai macam pemandangan yang indah dan menyegarkan. Selain menjadi tempat wisata dan penginapan Kampoeng Djawi juga memberikan pertunjukan musik bagi para pengunjung.

Lokasi : Lokasi menuju Kampoeng Djawi memang cukup panjang namun semua Lelah akan terbayar jika sudah sampai di tujuan. Kampoeng Djawi berlokasi di dusun Gondang, desa Caranggwulung, kec Wonosalam.

Fasilitas : Fasilitas kegiatan outdoor seperti kolam renang sekaligus dapat melihat pemandangan Gunung Anjasmoro yang indah, flying fox, ampi teater, joglo dan masih banyak kegiatan outdoor lainnya yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Jam Buka : 09.00 – 16.00 WIB

HTM : Tiket Masuk Rp50.000 / orang
Penginapan Rp330.000 / kamar
(Harga jika belum ada perubahan).

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.