oleh

Si Jago Merah Mengamuk, Gudang Benih Pertanian di Nganjuk Ludes

Nganjuk, Jurnal JatimGudang benih pertanian PT Sang Hyang Seri di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur terbakar, Senin siang (18/7/2022) sekitar pukul 13.00 WIB, kemarin.

Kobaran api telah dilumpuhkan oleh petugas pemadam kebakaran sehingga tidak sampai meluas dan menelan korban luka maupun meninggal dunia.

Tapi, besarnya kobaran api menghanguskan seluruh bangunan gudang dan isinya. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Petugas masih melakukan penyelidikan.

Gudang benih pertanian yang terbakar itu berada di Desa Tempel, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Informasinya, kala itu tidak ada aktifitas mesin di gudang tersebut.

Siang itu, salah satu pekerja melihat kepulan asap dari dalam gudang penyimpanan benih pertanian. Pekerja itu lari ke depan meminta pertolongan hingga akhirnya menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar).

Mobil Damkar Pemkab setempat dan dibantu water canon Polres Nganjuk dikerahkan menuju ke lokasi untuk memadamkan api yang tengah berkobar.

Namun, ketika petugas datang, sejumlah bangunan gudang sudah roboh dan seluruh isi di dalamnya sudah ludes terbakar.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk, Sujito mengungkapkan, kobaran api diketahui pertama kali dari dalam gudang tempat penyimpanan bibit pertanian yang sudah afkir.

Setelah itu, menurut Sujito, api merambat ke bagian gudang lainnya dan api dengan cepat membesar karena di dalam banyak bahan yang mudah terbakar.

“Di dalam gudang banyak bahan yang mudah terbakar, sehingga api cepat membesar. Penyebab kebakaran belum diketahui” kata Sujito.

Petugas yang berjibaku berupaya padamkan api berhasil memadamkannya. Sujito pun memastikan tidak ada korban luka maupun meninggal dalam musibah itu.

Selain belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, juga belum diketahui kerugian materiil akibat kejadian itu. Sebab, pemilik masih menghitung dan petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.