oleh

Puluhan Telur Ular Piton Ditemukan di Gudang Tuban, Lihat Fotonya

Tuban, Jurnal Jatim – Puluhan telur ular piton atau sanca kembang ditemukan di dalam gudang pembuatan tahu milik Adi Sungkowo di Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Tuban, Jawa Timur.

Kabid Pemadam Kebakaran Pemkab Tuban, Sutaji menyatakan, induk ular piton berhasil ditangkap dan dievakuasi oleh petugas.

“Ular sudah berhasil kita evakuasi,” kata Sutaji, Kamis (28/7/2022).

Ia mengatakan petugas mendapat kabar atau informasi terkait permohonan evakuasi ular piton yang berada di dalam rumah pembuatan tahu, Senin (26/7/2022) sekitar pukul 13.55 Wib.

Selanjutnya, personel Damkar bergerak ke lokasi yang dilaporkan karena keberadaan ular tersebut meresahkan warga.

“Ular piton yang berada di dalam rumah pembuatan tahu ini menyebabkan keresahan bagi pemilik dan warga sekitar,” kata mantan Camat Bancar, Tuban ini.

Setiba di lokasi, petugas langsung melakukan penyisiran dan berhasil mengevakuasi ular terpanjang di dunia tersebut.

Bahkan, tim juga menemukan puluhan telur ular piton yang belum menetas berada di bawah tumpukan karung berisi tongkol jagung.

“Kita juga menemukan telur ular piton masih utuh. Semuanya berhasil kita evakuasi, dan sekarang kondisinya sudah aman,” katanya.

Untuk diketahui sanca adalah ular ovipar, atau berkembangbiak dengan bertelur. Setelah bertelur, ular betina biasanya mengeraminya sampai menetas.

Hal tersebut dicapai dengan menyebabkan otot-otot “menggigil”, yang meningkatkan suhu tubuh hingga tingkat tertentu, dan demikian juga pada telur. Menjaga telur pada suhu yang konstan sangat penting untuk perkembangan embrio yang sehat.

Selama masa inkubasi, ular betina tidak makan dan hanya meninggalkan telur-telurnya untuk berjemur demi meningkatkan suhu tubuhnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.