oleh

Petugas Lapas Jombang Berhasil Kendalikan “Kerusuhan”

Jombang, Jurnal Jatim – Para petugas di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Jombang, Jawa Timur yang menghadapi kerusuhan dari dalam dan luar berhasil mengendalikan dengan bekal dan kemampuannya.

Petugas Lapas Jombang kala itu telah sigap dengan ilmu bela diri dan peralatan tongkat dan tameng serta pakaian pengendali untuk melumpuhkan pembuat onar di lingkungan Lapas Jombang, Jl KH Wahid Hasyim.

Kerusuhan itu bukanlah yang sesungguhnya. Tapi bagian dari pelatihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) dan pelatihan bela diri praktis yang diikuti seluruh petugas Lapas Kelas II B Jombang, Kemenkumham Kanwil Jatim.

Pelatihan menggandeng pelatih dari Kodim 0814 Jombang. Dibuka langsung oleh Kepala Lapas Jombang Mahendra Sulaksana di Lapangan Lapas setempat, Jumat (29/7/2022).

Pelatihan itu menambah pengetahuan para pegawai Lapas Kelas IIB Jombang dalam menanggulangi massa apabila terjadi gejolak. Selain itu juga untuk melatih dan mengasah keterampilan dan ketangkasan petugas Lapas dalam menghadapi massa yang anarkis.

Dalam pelatihan itu, petugas Lapas Jombang dibagi menjadi 2 kelompok. 1 kelompok mengikuti Pelatihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) dan kelompok lainnya mengikuti Pelatihan Bela Diri Praktis.

Suasana tampak pecah dan riuh, ketika petugas melaksanakan simulasi kerusuhan. Dengan menggunakan pakaian pengendali huru hara, petugas dipandu oleh pelatih dari Kodim 0814 tampak sigap dalam menghadapi simulasi tersebut.

Dilain tempat, petugas mendapatkan materi Pelatihan Bela Diri Praktis di antaranya gerakan memukul, menangkis, mengunci dan melepas kuncian.

Mahendra mengatakan, Lapas Jombang saat ini mengalami over kapasitas hampir 4  kali lipat, sehingga dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban dari dalam maupun luar Lapas. Pun begitu, pihaknya tidak ingin terjadi kerusuhan di lembaga yang ia pimpin.

“Pelatihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) dan pelatihan bela diri praktis sangat penting bagi petugas pemasyarakatan, Insyaallah pelatihan ini dapat kita laksanakan secara rutin untuk mengecek kesigapan dan kesiapan kita dalam menanggulangi gangguan keamanan di Lapas Jombang,” kata Mahendra Sulaksana.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.