oleh

Mahasiswa UM Surabaya KKN di Jombang, Lokasinya Ada Disini

Jombang, Jurnal Jatim – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya, Jawa Timur menempatkan para mahasiswa di beberapa daerah di antaranya di Kabupaten Jombang, Sabtu (23/7/2022).

Penyerahan peserta KKN Berdaya 2022 pada Kamis (21/7/2022) oleh Rektor UM Surabaya, Dr. Sukadiono dan diterima secara langsung oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab di pendopo kabupaten.

Sukadiono mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Surabaya menempatkan 1026 mahasiswa untuk menjalani KKN di tahun ini. Dari jumlah itu dibagi pada enam kabupaten dan salah satunya di Kabupaten Jombang.

Pada KKN bertema Bangkit dan Berkarya Menuju Masyarakat Berdaya itu, mahasiswa melakukan pengabdian di 5 desa Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

“Untuk yang di Kabupaten Jombang, kami menempatkan 120 peserta dari 8 Fakultas untuk KKN di Wonosalam. Mereka terbagi menjadi 5 kelompok berada di 5 desa dari 9 desa yang ada di Wonosalam,” katanya.

“Saya serahkan mahasiswa kami kepada Ibu Bupati, Camat, dan Kepala Desa di wilayah Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang untuk melaksanakan KKN Berdaya selama satu bulan. Mohon anak kami diberikan arahan, dibimbing,” katanya melanjutkan.

Orang nomor satu di UM Surabaya itu juga berpesan kepada peserta KKN untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan para pemangku kebijakan wilayah setempat.

“Anakku komunikasikan dan koordinasi bersama perangkat desa dengan baik. Sebuah kehormatan luar biasa karena kalian disambut langsung Bupati Jombang, Camat Wonosalam juga 5 Kepala Desa. Saya berharap jaga nama baik almamater Universitas Muhammadiyah dalam bersikap, bertindak dan bertutur kata,” pesannya.

Informasi didapat, KKN bertema Bangkit dan Berkarya Menuju Masyarakat Berdaya ini, mahasiswa melakukan pengandian di sejumlah wilayah, di antaranya Jember, Bojonegoro, Lumajang Pamekasan, Lamongan, Makassar dan beberapa daerah di Papua.

Semenatara itu, Bupati Mundjidah Wahab mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Rektor Unmuh Surabaya yang memilih kota santri Jombang sebagai tempat KKN para mahasiswanya.

“Saya menyambut baik dan mengajak semua pihak untuk bekerja sama dan bersinergi dalam menyukseskan pelaksanaan KKN di Kabupaten Jombang,” kata Mundjidah.

“Adanya KKN ini, saya harapkan sedikit banyak akan membantu meningkatkan pengetahuan, ikut mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat,” Mundjidah melanjutkan.

Bupati perempuan pertama di Jombang ini juga berharap peserta KKN dapat melakukan identifikasi masalah yang ada di masyarakat. Sehingga dapat menjadi bahan masukan untuk melakukan  perbaikan di masa depan.

“Selamat melaksanakan kuliah kerja nyata, selamat berkarya, selamat mengabdi dan berinovasi di Wonosalam,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.