oleh

Awal Tahun Baru Hijriah, Makam Gus Dur di Jombang Padat Peziarah

Jombang, Jurnal Jatim –  Makam Presiden RI ke 4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di komplek Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur dipadati oleh peziarah pada 1 Muharam tahun 1444 Hijriah, Sabtu (30/7/2022).

Padatnya pengunjung itu terlihat di jalan raya depan pondok Pesantren Tebuireng. Arus lalu lintas padat merayap. Rombongan peziarah datang secara bergantian dengan berbagai kendaraan.

Ada yang menggunakan bus, mobil pribadi, minibus elf, serta kendaraan roda dua. Jalan kecil atau gang di sekitar Pesantren Tebuireng juga padat. Sedangkan area parkir di kawasan religi tersebut dipenuhi kendaraan rombongan.

“Ya, Hari ini peziarah banyak banget. Padat merayap,” kata pengurus pondok pesantren Tebuireng Jombang, Teuku Azwani dikonfirmasi Sabtu malam (30/7/2022).

Azwani mengungkapkan padatnya peziarah itu terpantau sejak pagi. Ia memperkirakan jumlah peziarah yang datang ke Tebuireng lebih dari 10 ribu orang. Pun begitu semua berjalan tertib dan lancar.

“Kalau pagi sampai sore ada sekitar 10 ribu orang peziarah, mungkin kalau sampai malam lebih dari 10 ribu,” kata Azwani.

Makam Gus Dur di Tebuireng berdekatan dengan makam kakeknya Hadratussekh KH Hasyim Asy’ari yang juga pendiri Pesantren Tebuireng dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Kemudian di sebelah barat makam Gus Dur, terdapat makam KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), serta makam ayahnya KH Wahid Hasyim dan juga adik kandungnya Nyai Hj Khodijah Lily Wahid.

Di area makam Gus Dur, peziarah membaca tahlil bersama rombongannya. Kemudian memanjatkan doa dengan khusuk. Mereka berharap berkah saat memasuki 1 Muharam.

“Kami ziarah ke Tebuireng untuk mendoakan para ulama dan kiai, berharap berkah di bulan Muharam ini,” kata peziarah asal Lamongan, Muhammad Husnan.

Hal senada disampaikan Rohman, peziarah asal Blitar. Dirinya bersama rombongan ke sejumlah makam wali di Jawa Timur, salah satunya adalah di ziarah makam Gus Dur.

“Rombongan pakai elf. Selain Gus Dur, juga ziarah di Makam Mbah Wahab (KH Abdul Wahab Chasbullah) di Tambakberas dan Mbah Bisri Syansuri Denanyar. Ya tujuannya mendoakan dan mencari barakah,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta Twitter  Jurnaljatim.com.