oleh

Perumda Aneka Usaha Nganjuk Lelang Hasil Perkebunan Cengkeh

Perumda Aneka Usaha Nganjuk Lelang Hasil Perkebunan Cengkeh
Pelaksanaan lelang cengkeh Perumda Aneka Usaha. [Istimewa]

Nganjuk, Jurnal Jatim – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur telah melelang hasil komoditas cengkeh dari unit perkebunan yang dikelolanya sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah itu, pada Kamis (16/6/2022).

Direktur Pemasaran dan Produksi Perumda Aneka Usaha Nganjuk, Deny Ismayanti mengatakan saat ini Perumda Aneka Usaha mengelola lahan perkebunan total seluas 23 hektar yang tersebar di Sawahan dan Ngetos.

“Sepuluh hektar yang belum dikelola masih berupa bukit dan lahan kosong, ke depan akan kami usahakan menjadi lahan produktif juga,” katanya, Jumat (17/6/2022)..

Deny Ismayanti menjelaskan bahwa proses lelang telah dilaksanakan dan diikuti oleh 14 peserta, namun belum menyentuh taksasi atau taksiran harga barang terendah yang telah ditetapkan.

“Hal itu berdasarkan hasil estimasi tonase yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk,” kata Deny menjelaskan.

Deny menyebut hasil tonase jumlah panen di masing-masing lahan perkebunan yang dikelola oleh Perumda. Pertama, perkebunan di Sawahan sekitar 10 ton dengan kondisi basah.

“Sementara untuk yang di Perkebunan Ngetos ditaksasi sekitar 14,5 ton basah,” ujarnya.

Menurut Deny, harga yang ditetapkan sesuai dengan harga pasar saat ini. Ia berharap melalui lelang cengkeh itu bisa mendapatkan harga yang telah ditetapkan sesuai dengan estimasi tonase yang diperoleh.

Adapun rincian estimasi hasil jual cengkeh di perkebunan Sawahan senilai Rp151.169.850, dan untuk di Ngetos senilai Rp276.619.988.

“Tujuan utama lelang ini adalah wajib menyentuh harga terendah yang telah ditentukan. Lelang saat ini belum berhasil karena penawaran tertinggi dari peserta lelang masih jauh dibawah standar,” katanya memungkasi.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com