oleh

Perajin Tusuk Sate di Jombang Banjir Pesanan Jelang Iduladha 2022

Jombang, Jurnal Jatim – Dampak positif dirasakan oleh perajin tusuk sate di Jombang, Jawa Timur menjelang datangnya hari raya Iduladha 1443H/2022. Mereka ketiban rezeki dengan permintaan pesanan meningkat.

Salah satu perajin tusuk sate yang kini banjir pesanan adalah Heru Subandi (53).  Beberapa hari terakhir, Heru disibukkan mengerjakan pesanan tusuk sate bahan bambu di rumah produksinya di dusun Sedamar, Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Jombang.

Dikatakan Heru, menjelang hari raya kurban kapasitas produksi tusuk sate di tempatnya meningkat dibanding hari biasanya seiring dengan meningkatnya permintaan pesanan.

“Menjelang hari raya kurban ini kapasitas produksi meningkat dari yang biasanya 1,5 kuintal kini menjadi 2,5 kuintal tusuk sate,” ujarnya.

Proses yang harus dilalui dalam membuat tusuk sate tidaklah rumit. Pertama bambu dipotong sesuai ukuran panjang tusuk sate. Setelah itu dimasukkan ke dalam mesin cetak lalu dioven dan dipoles rapi serta terakhir diperuncing.

“Bahan baku dari bambu, tidak terlalu sulit didapatkan. Saya datangkan dari Paciran Lamongan, Mojokerto dan Ponorogo,” kata dia.

Setelah semua pemrosesan produksi hingga pengemasan selesai, kemudian dikirim ke pemesan. Pemesan tidak hanya lokal dari Jombang, namun juga dari berbagai daerah bahkan hingga luar pulau.

“Selain Jombang, para pemesan tusuk sate ini juga dari luar Pulau Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan,” kata dia.

Lebih lanjut Heru mengaku sudah belasan tahun menggeluti usaha kerajinan rumahan itu. Saat ini, ia mengerjakan pesanan tusuk sate itu dibantu delapan orang pekerja.

“Sudah lama, ya ada 15 tahunan lebih usaha seperti ini,” kata Heru.

Harga yang dipatok pun bervariasi sesuai berat kemasan. Mulai dari Rp8 ribu per satu setengah ons hingga 18 ribu rupiah per perkilogramnya. Dari usaha itu, omset yang didapat jelang Iduladha mencapai jutaan rupiah per hari.

Heru menambahkan, selain memenuhi permintaan pesanan jelang iduladha, juga tetap melayani pesanan ke tempat usaha rumahan, seperti warung sate dan lainnya.

“Ya alhamdulillah, (omset) cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Heru menandaskan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com