oleh

Pacitan Dirikan Posko Pemantauan dan Pengawasan PMK Hewan Ternak

Pacitan, Jurnal Jatim –  Posko pemantauan dan pengawasan lalulintas hewan ternak didirikan di pasar hewan di Pacitan, Jawa Timur. Posko itu untuk mengendalikan dan menanggulangi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang merebak.

Posko PMK itu di pasar hewan Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur. Selain melakukan pemeriksaan pada hewan ternak yang akan diperjualbelikan, petugas juga memberikan vaksin kepada hewan itu. pada Minggu (5/6/2022).

Posko tersebut didirikan dari sinergitas Polri, TNI, dan pemerintah kabupaten setempat. Harapannya, merebaknya PMK pada hewan ternak tidak menyebar ke wilayah lain yang lebih luas dan menyulitkan penanganannya.

Polsek Ngadirojo bekerjasama dengan dinas pertanian dan ketahanan pangan kecamatan Sudimoro dan koramil, pada Minggu (5/6/2022) melakukan monitoring jual-beli hewan ternak di posko tersebut.

“Kita bersama instansi terkait, dari dinas pertanian ketahanan pangan maupun dari koramil melakukan monitoring serta pemeriksaan hewan ternak yang akan diperjualbelikan di pasar ini untuk mencegah penularan PMK” kata Plt Kapolsek Ngadirojo, Iptu Suyitno, Senin (6/6/2022).

drh Pipit Prabawani dari Dinas Peternakan Pacitan menerangkan PMK adalah penyakit hewan yang disebarkan oleh virus Genus Aphthovirus. Virus itu menyerang hewan ternak seperti kerbau, sapi, kambing, domba, kuda dan babi dengan tingkat penularan 90-100 persen.

Virus PMK hewan ternak yang menyebabkan kerugian ekonomi sangat tinggi dapat dikenali dengan adanya luka sariawan di rongga mulut yaitu gusi dan lidah, disela-sela kuku kaki dan bisa juga diambing susu hewan betina, serta dapat menimbulkan demam pada hewan, keluar lendir berlebih dari mulut bahkan tremor atau pincang dan sulit berdiri.

”kita memberikan sosialisasi kepada pemilik hewan ternak tentang penyakit PMK ternyata dari peternak, penjual maupun pembeli masih banyak yang belum mengetahui gejala-gejala yang timbul pada hewan yang terinveksi PMK” ujar Pipit.

Nah, untuk memantau dan menanggulangi sejak dini, maka tim mendirikan posko pemantauan dan pengawasan lalulintas hewan ternak di pasar hewan desa wiyoro kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.