oleh

Momen Haru Pedagang Mobil di Jombang Diantar Berangkat Haji Naik Becak

Jombang, Jurnal Jatim Jika kebanyakan jemaah calon haji diantar oleh keluarganya menuju ke pemberangkatan menggunakan mobil, tapi beda dengan pasutri (pasangan suami istri) asal Jombang, Jawa Timur ini.

Mintarto (43) bersama sang istri Nurul Eni Kusrini (40) memilih menumpang dua becak hias milik tetangganya yang juga turut serta mengantarkannya, Rabu siang (29/6/2022).

Pasutri itu naik becak dari rumahnya di Desa Candimulyo, Jombang kota menuju pendopo kabupaten untuk bergabung dengan calon jemaah haji lain. Momen haru mengiringi sepanjang perjalanannya mereka.

Pasutri itu mengaku melakukannya sebagai wujud rasa syukur setelah 2 tahun lamanya, keinginannya untuk menunaikan ibadah haji tertunda akibat Pandemi COVID-19.

“Setelah tertunda 2 tahun rasanya naik becak senang, alhamdulillah, ikut senang tetangga ikut mengantar kami,” kata Mintarto.

Momen Haru Pedagang Mobil di Jombang Diantar Berangkat Haji Naik Becak

Kala itu bisa saja Mintarto bersama sang istri naik kendaraan roda empat. Apalagi, sehari-hari Mintarto diketahui berjualan mobil di wilayah kecamatan Sumobito, Jombang.

Karena tetangganya ingin mengantar dengan becaknya dengan harapan agar segera bisa menyusul menunaikan ibadah haji, Mintarto dan sang istri dengan senang hati menuruti.

Bahkan, pemilik becak bernama Pak Lan dan Pak Man itu sempat menolak saat diberikan imbalan alias ongkos carteran becaknya.

Namun, Mintarto tetap memberikan upah kepada mereka dengan harapan agar bisa digunakan keluarganya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Mereka ingin sekali antar saya naik becak, mas tak antar saja ingin antar haji. Harapan saya semoga Pak Lan dan Pak Man bisa segera ikut ke tanah suci,” kata Mintarto.

Setiba di pendopo kabupaten, Mintarto dan istrinya langsung bergabung dengan jemaah lainnya untuk diberangkatkan Bupati Jombang Mundjidah Wahab menuju Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Ada sebanyak 441 orang jemaah calon haji asal Jombang yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada pemberangkatan gelombang ketiga ini.

441 orang Jemaah tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 35. Mereka berangkat ke AHES menggunakan kendaraan 10 busbus sekitar jam 13.25 WIB. setelah sehari di AHES, kemudian diterbangkan ke Arab Saudi untuk menunaikan rukun islam kelima.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.