oleh

Lantunan Talbiyah Iringi Keberangkatan 274 Jemaah Calon Haji Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim – Tangis haru dan lantunan bacaan Talbiyah mengiringi keberangkatan 274 orang jemaah calon Haji (CJH) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur di Pendopo K.R.T Soesrokoesomo, pada Jumat (10/6/2022) pagi tadi.

Keberangkatan ratusan jemaah haji Nganjuk yang tergabung Kloter 10 itu menggunakan enam armada bus dan didukung tiga mobil ambulans milik Dinas Kesehatan setempat untuk mengantarkan CJH berkebutuhan khusus ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Sebelum melantunkan bacaan Talbiyah dan Azan, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengaku bersyukur bisa memberangkatkan para jemaah calon haji, setelah dua tahun tertunda akibat Pandemi COVID-19.

“Kami minta para jemaah tetap menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci,” katanya.

Marhaen juga meminta jemaah calon haji terus menjaga kesehatan selama di Tanah Suci. Jemaah dianjurkan memenuhi asupan cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi mengingat cuaca di Tanah Suci cukup panas.

Selain itu, juga fokus ibadah dan tidak memisahkan diri dari rombongan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti paparan penyakit.

Selain itu, jemaah calon haji juga harus menaati segala peraturan yang telah dibuat oleh panitia Indonesia yang bertugas di sana.

Ia juga berpesan, agar para jemaah haji juga mendoakan Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan segenap pimpinannya, untuk diberikan kekuatan dan kelancaran dalam menjalankan program, sehingga Pemkab Nganjuk bisa lebih maju dan bermartabat.

“Selamat menunaikan ibadah haji, jemaah calon haji yang berangkat. Semoga dalam pelaksanaan nanti selalu diberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Salah satu jemaah calon haji dari Kecamatan Wilangan, Kasno menuturkan keikutsertaannya berangkat haji tahun ini merupakan haji yang istimewa setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, setelah sekian lama. Saya beserta istri berkesempatan berkunjung ke Baitullah. Mohon doanya, semoga kami diberi kelancaran dan menjadi haji yang mabrur. Aamiin,” kata mantan Camat Baron tersebut.

Turut mendampingi Marhaen Djumadi saat memberatkan jemaah calon haji 2022 yakni Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Nganjuk, Mokhamad Yasin, Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk. Keberangkatan diiringi lantunan bacaan Talbiyah dan isak tangis haru.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com