oleh

Korsleting, Rumah Industri Kerajinan Bahan Kuningan di Jombang Terbakar

Jombang, Jurnal Jatim – Rumah industri kerajinan kuningan di Jombang, Jawa Timur hangus terbakar, Kamis (9/6/2022) malam. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kebakaran itu.

Berdasarkan informasi yang didapat, tempat usaha cor kuningan yang ludes dilahap api itu milik Agus Purnomo (51) di Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur.

Kebakaran terjadi mulai pukul 16.30 WIB. Beberapa jam kemudian, petugas pemadam kebakaran Mojoagung dan Jombang berhasil menjinakkan si jago merah yang melahap bangunan berikut perabotan di dalam rumah itu.

“Penyebab kebakaran diduga sementara dari korsleting listrik,” kata koordinator pos damkar Mojoagung, Mashudi kepada wartawan.

Ia menyebut, selain bangunan, seluruh isi perabotan yang ada di dalam rumah itu hangus terbakar. Kerugian pemilik rumah ditafsir mencapai ratusan juta rupiah.

“Kerugian materiil diperkirakan ratusan juta rupiah. Untuk korban manusia nihil,” ujar dia.

Kepala Desa Mojotrisno, Nanang Sugianto mengatakan, rumah milik Agus Purnomo itu sehari-hari difungsikan untuk produksi industri kerajinan. Saat kejadian, rumah tersebut tak berpenghuni alias kosong.

“Titik api dari belakang, sekitar kamar mandi atau dapur. (Saat kebakaran) pemilik rumah tidak ada kosong, ada salah satu keluarga di depan (di sekitar kebakaran),” katanya.

Nanang juga menduga, terbakarnya bangunan rumah industri berbahan kuningan disebabkan karena korsleting listrik.

“Sementara ini diduga korsleting, tidak ada kesalahan faktor manusia,” imbuhnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.