oleh

Ribuan Kemasan Air Zamzam untuk Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi Surabaya

Surabaya, Jurnal Jatim – Ribuan kemasan air zamzam yang diperuntukkan bagi jemaah haji telah tiba di Embarkasi Surabaya, Jawa Timur. Air zamzam yang dikemas dalam galon 5 liter itu tiba di Embarkasi Surabaya secara bertahap, mulai Senin (20/6/2022) pukul 16.00 WIB.

Pada kedatangan pertama sebanyak 3276 kemasan air zamzam dibawa dari Bandara Internasional Juanda Sidoarjo menggunakan dua armada truk boks.

Kemudian pada kedua, Selasa (21/6/2022) pukul 13.00 WIB, dua truk boks kembali mengangkut 3276 kemasan air zamzam menuju Hall Gedung Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Husnul Maram, menjelaskan air zam-zam itu diperuntukkan bagi seluruh para jemaah haji Embarkasi Surabaya secara cuma-cuma alias gratis.

“Saat ini, pihak Saudi Arabia Airline telah membawa air zamzam ke asrama haji sebanyak 6552 kemasan galon. Masing-masing jemaah haji akan mendapat 1 galon air zamzam, isinya lima liter diberikan ketika proses pemulangan di Embarkasi Surabaya,” ujar Husnul Maram, Rabu (22/6/2022).

Oleh karena itu, pria yang menjabat sebagai kepala Kantor Kemenag Jatim itu berpesan agar jemaah haji tidak lagi membawa air zam-zam dari Arab Saudi karena akan ada pemeriksaan barang bawaan ketika berada di bandara setempat.

“Jemaah sudah tidak perlu membawa air zamzam dari sana. Akan ada pemeriksaan barang bawaan di Arab Saudi. Pesawat tidak akan terbang kalau diindikasikan masih ada air zamzam di koper besar maupun tentengan,” kata Maram berpesan.

Menurut Maram, air zamzam akan datang sesuai jadwal hingga jumlahnya genap terpenuhi sesuai dengan jumlah jemaah haji Embarkasi Surabaya.

Maram juga memastikan, ketika proses pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Surabaya selesai, maka jumlah air zamzam yang harus terpenuhi juga sudah tercapai.

“Insyaallah ketika pemberangkatan kloter ini selesai, jumlah air zamzam yang masuk asrama haji sudah terpenuhi semua. Semua jemaah pasti dapat, jangan khawatir akan kekurangan,” tandas kepala Kantor Kemenag Jawa Timur ini.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com