oleh

Ziarah ke Makam Gus Dur di Jombang, Mahfud MD: Kangen Ingin Bertemu

Jombang, Jurnal Jatim Menteri koordinator bidang politik hukum dan keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku rindu ingin bertemu dengan Presiden ke empat RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sayangnya, Mahfud tak bisa lagi mengunjungi Gus Dur.

“Saya kangen ingin bertemu Gus Dur tapi tak tahu alamatnya,” kata Mahfud lewat akun twitter-nya @mohmahfudmd, seperti dikutip Jurnaljatim.com pada Minggu (8/5/2022).

Melepas kerinduannya, pada momen lebaran Idulfitri ini, Mahfud berziarah ke Makam Gus Dur di kompleks makam keluarga, di dalam kawasan pondok pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu (7/5/2022).

Makam Gus Dur berdekatan dengan makam kakeknya Hadratussekh Hasyim Asy’ari yang juga pendiri Pesantren Tebuireng dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), di sebelah barat makam Gus Dur, terdapat makam KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), serta makam ayahnya, KH Wahid Hasyim.

“Sabtu (7/5/22) pagi ini saya bersimpuh, berdzikir, dan berdoa di makam Gus Dur. Saya berziarah ke makan Gus Dur di kompleks ponpes Tebuireng, Jombang,” ujar Mahfud

Menurut Mahfud, Gus Dur adalah gurumya dalam beragama dan politik. “Presiden Ke-4 RI Gus Dur adalah guru saya dalam beragama dan mentor saya dalam politik,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan, sebelum berziarah ke makam Gus Dur, Mahfud  bersilaturahim dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, yakni KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Diketahui pula, Gus Kikin yang memimpin pembacaan tahlilan dan doa dalam momen ziarah tersebut.

“Ziarah ke makam Gus Dur didahului silaturrahim dengan pengasuh yi Gus Kikin dengan istri, anak, dan anggota Pengurus Ponpes Tebuireng,” katanya.

Pertemuan Mahfud dengan Gus Kikin di dalem kasepuhan Ponpes Tebuireng disebut Mahfud sangat menyenangkan, membahas tentang peran ulama dalam mendirikan dan mempertahankan NKRI.

Gayeng berhalaqah tentang peran ulama dalam mendirikan dan mempertahankan NKRI. Gus Kikin punya proyek mulia: men-konstruksi sejarah peran ulama yang masih terserak,” ujar Mahfud MD.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.