oleh

Ramadan, Pengusaha Non-muslim di Jombang Bagi-bagi Paket Sembako

Jombang, Jurnal Jatim – Pengusaha non-muslim di Jombang Jawa Timur, Candra Iwanto membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat kelurahan Kaliwungu, Jombang kota, Sabtu sore (23/4/2022).

Pembagian sembako berlangsung di halaman rumah Candra Iwanto di Jalan Hasyim, Kelurahan Kaliwungu. Setiap penerima sudah terlebih dahulu diberikan kupon yang dibagikan langsung kepada yang berhak. Mereka kemudian baris mengantre dengan tertib.

Aksi sosial berbagi kepada fakir miskin saat Ramadan itu sudah menjadi tradisi Candra sejak 30 tahun lalu. Paket yang dibagikan berupa sembako, seperti minyak goreng, gula, beras dan terigu.

“Kegiatan seperti ini rutin setiap tahun dan sudah berjalan selama 30 tahun,” kata Tjandra kepada wartawan disela pembagian paket sembako.

Paket itu tidak berbeda jauh dengan yang dibagikan tahun sebelumnya. Namun, tiga tahun terakhir, penyalurannya tidak secara langsung, tetapi melalui RT kelurahan setempat karena pandemi.

“Sudah tiga tahun tidak ketemu warga secara langsung. Dan kali ini bisa. Terima kasih atas doa warga kepada saya,” kata pengusaha sukses di Jombang tersebut.

Ia mengatakan, jumlah paket sembako yang dibagikan kepada warga di bulan Ramadan tahun ini sebanyak 800 paket. Khusus di Kelurahan Kaliwungu, 500 paket.

“Warga Kelurahan Kaliwungu inj ada 13 RT, dari RT 1 sampai 13 semua mendapatkan bagian, saya tidak tebang pilih, kecuali PNS,” ucapnya.

Candra mengaku sedekah diberikan secara ikhlas sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama tanpa kepentingan apapun. Harapannya dapat meringankan beban masyarakat.

“Saya tulus ikhlas membantu saudara-saudara saya di Kaliwungu yang ekonominya kurang beruntung. Tidak membeda-bedakan ras maupun agama. meskipun suku berbeda, tetap sama-sama saudara, satu Bangsa Indonesia,” katanya.

Sementara itu, salah satu penerima paket sembako, nenek Warsini, mengaku setiap tahun menerima pemberian sembako dari Tjandra. Bantuan itu disebut Warsini sangat bermanfaat bagi dirinya.

“Setiap tahun saya mendapat sembako dari sini. Paket sembako isinya beras, gula, terigu, dan minyak goreng. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Ching,” kata perempuan tiga orang cucu warga Kelurahan Kaliwungu Jombang itu.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com