Dua Bulan, Polrestabes Surabaya Ungkap 58 Kasus Kejahatan Jalanan

Surabaya, – Sebanyak 58 kasus berhasil diungkap aparat Polrestabes Surabaya, Jawa Timur selama dua bulan terakhir Januari – Februari 2022.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengungkapkan kasus kejahatan jalanan tersebut terdiri dari 34 perkara pencurian dan 24 pencurian dengan kekerasan atau begal.

“Total pelaku yang kami amankan sebanyak 47 orang,” katanya, Sabtu (5/3/2022).

Yusep menyebut, sepanjang bulan Januari – Februari, kasus kejahatan jalanan pencurian maupun begal paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Sukolilo dan Tambaksari.

“Di dua wilayah kecamatan tersebut masing-masing tercatat sebanyak 24 tempat kejadian perkara untuk kasus pencurian sepeda motor dan begal,” ujarnya.

Modus operandinya, para pelaku pencurian sepeda motor, kebanyakan survei lokasi terlebih dahulu.

“Pelaku pencurian sepeda motor ini  ada yang mengendarai mobil saat melakukan survei. Kebanyakan memang berboncengan sepeda motor,” katanya.

Setelah mendapatkan target, lanjut Yusep, pelaku biasanya memanfaatkan situasi korban yang lengah karena memarkir sepeda motor tidak disertai kunci pengaman ganda.

Sedangkan untuk modus operandi pelaku begal, biasanya komplotan pelaku mencari sasaran dengan berkeliling Kota Surabaya.   membuntuti korban untuk kemudian menghentikan laju kendaraan di pinggir lalu mengeroyoknya.

“Ada lagi modus pelaku begal melumpuhkan korbannya dengan menendang, memepet, bahkan tidak segan membacok korban. Setelah korban tak berdaya, komplotan pelaku tidak hanya merampas barang berharga, melainkan juga membawa lari motor korban,” katanya.

Yusep pun mengapresiasi masyarakat yang memberikan di media sosial ketika menjumpai kasus kejahahan jalanan berupa begal maupun pencurian sepeda motor.

“Dengan begitu bisa langsung ditindaklanjuti oleh anggota Satreskrim Polrestabes Surabaya. Kami telah bekerja sama dengan dalam upaya memburu pelaku kejahatan jalanan. Keberadaan kamera pengawas CCTV yang terpasang di berbagai ruas jalan raya sangat membantu dalam upaya penangkapan para pelaku kejahatan jalanan,” ujarnya.

Dapatkan update menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News