Bimtek di Jombang, DPR RI Ning Ema Ingatkan Pentingnya Konsumsi Ikan

Jombang, Jurnal Jatim – Anggota Komisi VI DPR-RI Ema Umiyyatul Chusnah asal Jombang, Jawa Timur menyampaikan, ikan segar sangat penting karena mengandung protein, vitamin dan mineral. Sehingga warga Jombang diharapkan bisa memahami pentingnya gizi pada ikan sehingga bisa mencegah stunting pada balita.

Hal tersebut diungkapkan Ning Ema, sapaan akrabnya, bimbingan teknik (Bimtek) tentang akses pembiayaan usaha kelautan dan perikanan di aula gedung Kantor Muslimat, Kabupaten Jombang, Selasa (15/3/2022).

Bimtek itu sekaligus untuk menurunkan angka stunting dan meningkatkan perekonomian UMKM bidang perikanan dan kelautan di Jombang, Jatim.

“Dari ikan segar ini juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan omega-3 pun sangat baik untuk kesehatan jantung,” kata Ema.

Ema menambahkan, selama ini permodalan kerap menjadi kendala bagi nelayan dan budidaya ikan. Padahal hampir 85 persen pelaku usaha kelautan dan perikanan di Indonesia berskala mikro dan kecil.

Beranda metropolis pembiayaan lembaga keuangan mikro nelayan, solusi pembiayaan usaha dorong pembiayaan lembaga keuangan mikro nelayan, solusi pembiayaan usaha kelautan dan perikanan

“Melihat data tersebut maka potensi usaha mikro kecil kelautan dan perikanan sangat terbuka luas untuk dikembangkan,” imbuh putri Bupati Jombang Mundjidah Wahab itu.

Pelaku UMKM kelautan dan perikanan harus mendapatkan perhatian dan porsi yang besar di bidang pembiayaan permodalan oleh pemerintah. Karena merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar negara.

“Pembiayaan lembaga keuangan mikro nelayan adalah penyaluran pinjaman atau pembiayaan yang dikelola oleh Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Lembaga Keuangan Mikro (LKM) kepada nelayan, pembudidaya, petambak garam, serta para pelaku usaha mikro dan kecil di sektor kelautan dan perikanan,” kata anggota DPR RI fraksi PPP tersebut.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.