oleh

10 Orang Penderita TBC Jalani Pengobatan di Puskesmas Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim Pemegang program Tuberkulosis (TBC) atau TB di wilayah puskesmas kecamatan Nganjuk, Henny Dwi Handayani, Amd. Kep, mengatakan Januari hingga Maret 2022 tercatat sepuluh orang yang sekarang menjalani proses pengobatan di Puskesmas Nganjuk, Jawa Timur.

TBC adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri. TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak.

Hari Tuberkulosis Sedunia 2022 (HTBS) atau World Tuberculosis Day diperingati setiap 24 Maret. Henny mengatakan, bidan dan kader TBC pada HTBS itu mengadakan gerebek TBC.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap bulan itu untuk menemukan suspek atau terduga TBC yang ada di wilayah puskesmas Nganjuk. Sebab, penyakit TBC dapat berakibat fatal bagi penderitanya jika tidak segera ditangani. Meski begitu, TBC adalah penyakit yang dapat disembuhkan dan bisa dicegah.

“Kemarin kita melakukan Grebek TBC dalam rangka Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022 dengan cara door to door atau dari rumah ke rumah. Kegiatan dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kramat,” ujarnya, Minggu (27/3/2022).

Gejala Penderita TBC

Selain itu, Henny juga menjelaskan beberapa gejala yang dialami penderita TBC diantaranya batuk selama lebih dua minggu ,nafsu makan menurun, demam berkepanjangan, berkeringat dingin dimalam hari tanpa melakukan aktivitas apapun.

“Sesak nafas dan berat badan menurun juga menjadi salah satu gejala penderita TBC,” tambahnya.

Cara Mencegah TBC

Henny menambahkan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan TBC. Yaitu dengan cara tutup mulut saat batuk dan bersin, memakai masker, jangan meludah atau membuang dahak sembarangan, mengurangi interaksi sosial, membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan dan membatasi kontak dengan kelompok rentan.

“Saya berharap kepada masyarakat bila ada gejala TBC cepat periksa ke puskesmas serta mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dan menjaga pola makan yang sehat dan bergizi,” ujar Henny sambil mengingatkan masyarakat agar meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). [PING].

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News