oleh

Wisata Bluron Bawean Solo di Gresik Dilengkapi Patung Dinosaurus

Gresik, Jurnal Jatim – Di penghujung tahun 2021, Gresik Kembali membuka destinasi wisata yang tidak kalah eksotis dengan wisata lainnya. Wisata tersebut dinamai Bluron Bawean Solo (BBC) yang terletak di desa Baron, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Wisata yang diresmikan pada Sabtu, 4 Desember 2021 kemarin menawarkan beberapa fasilitas wahana air seperti kolam renang untuk orang dewasa, kolam renang untuk anak kecil dan kolam terapi ikan.

Selain itu, wisata desa itu juga dilengkapi dengan patung dinosaurus raksasa berukuran 7 meter. Uniknya patung itu terbuat dari limbah ban.

“Kita buat dari bahan bekas untuk mengurangi limbah lingkungan. Semua dari ban bekas menjadi dinosaurus.” ujar kepala desa Baron, Nurul Yatim, Minggu (5/12/2021).

Wisata Bluron Bawean Solo di Gresik Dilengkapi Patung Dinosaurus

Menurut keterangan pengelola wisata, dibangunnya wisata itu berawal dari rasa keprihatinan. Dulu desa Baron sering kali terkena banjir akibat luapan bengawan solo, dan saat itu banyak anak-anak desa Baron “beluron” atau berenang di aliran banjir tersebut untuk bermain. Dari situasi itu kepala desa kemudian berinisiatif membuka wisata fasilitas kolam.

“Wisata ini menampung kurang lebih 78 UMKM desa, dengan harga tiket masuk senilai Rp15 ribu, pengunjung sudah mendapatkan snack hasil produksi warga desa,” kata Yatim menjelaskan.

Selain kolam renang dan kolam terapi, di wisata desa ini juga menyediakan stan-stan kuliner yang dijalankan masyarakat desa setempat. Di sana para pengunjung juga dapat bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia selepas berenang untuk menikmati suasana sekitar wisata.

Dengan dibangunnya wisata desa akan mendukung program pemulihan dan peningkatan ekonomi, melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi ini juga akan memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Saya harap dengan dibangunnya wisata ini dapat mendongkrak pendapatan desa serta pendapatan ekonomi masyarakat sekitar,” tambahnya. (*)

 

*Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel