oleh

Remaja digadang-gadang jadi generasi penerus berkualitas tanpa narkoba

Jombang, Jurnal Jatim –  Remaja adalah generasi penerus yang diharapkan dapat melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya dengan kualitas lebih baik. Iru disampaikan Kapolsek Peterongan, Jombang, Jawa Timur, AKP Sujadi, Rabu (15/12/2021).

Sujadi menyampaikannya dalam acara posyandu remaja penyuluhan tentang narkoba dan pernikahan dini di Balai Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Sujadi menyebut, remaja berkualitas adalah berperilaku yang baik, tidak mengonsumsi miras maupun narkoba. Mental remaja akan rusak jika sudah terpengaruh dengan narkoba. Ia pun mewanti-wanti agar tidak mendekati barang haram narkoba.

“Narkoba ini merusak segala hal pada diri kita, jangan sekali-kali mendekati narkoba apalagi mencobanya,” tegas dia mengingatkan.

Menurutnya, narkoba sudah masuk ke semua kalangan. Ia pun mengingatkan para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya. Jangan sampai, kata dia, anak-anak salah pergaulan hingga masuk dalam peredaran gelap narkoba.

“Kami mengajak kepada semua untuk bersama-sama memerangi narkoba. Narkoba ini musuh bersama,” kata mantan KBO Satreskrim Polres Jombang ini.

Dalam kesempatan tersebut, Sujadi juga menjelaskan gamblang tentang narkoba, di antaranya jenis-jenis narkoba, tempat-tempat yang potensi peredaran narkoba serta bahaya dan akibat dari narkoba.

Sementara itu, ketua tim penggera PKK Kabupaten Jombang Wiwin Sumrambah yang juga hadir menyampaikan bahwa Posyandu Remaja merupakan salah satu wadah para remaja untuk mendapatkan penyuluhan dan pelayanan kesehatan, konsultasi keremajaan serta bahaya Narkoba.

“Posyandu remaja atau pos pelayanan terpadu remaja adalah wadah yang memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, gizi  pedoman hidup Sehat (PKHS), penyakit tidak menular (PTM), masalah kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA bagi remaja,” kata Wiwin.

Kaepala Desa Kepuhkembeng Suprapto berharap kepada remaja yang digadang-gadang menjadi penerus bangsa tidak terjerumus dalam rantai narkoba sehingga mereka menjadi generasi yang berkualitas.

“Kami berpesan kepada para remaja di sini untuk menjauhi narkoba sehingga nanti dapat menjadi generasi penerus yang bermoral dan berkualitas,” kata Suorapto.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid