oleh

Modus Pura-pura Beli Charger HP, Pencuri di Counter Jombang Terekam CCTV

Jombang, Jurnal Jatim – Berbagai modus dilakukan pelaku pencurian. Salah satunya dengan berpura-pura membeli charger handphone disebuah counter di Desa Mojolegi, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021).

Pelaku berhasil mengambil satu unit handphone (HP) di konter tersebut dan aksinya terekam kamera pengawas CCTV yang terpasang di counter itu. Pelakunya laki-laki berjumlah dua orang.

Penjaga counter HP, Dewi Kartini, (18), mengungkapkan, awalnya pelaku hanya melintas di depan counter itu sekitar jam 15.00 WIB. Karena melihat Dewi sedang sendirian, pelaku langsung putar balik.

“Awalnya orangnya cuma lewat, terus habis itu lihat saya sendiri di sini, terus orangnya putar balik ke saya dan langsung menanyakan charger HP 3,5 ampere,” kata Dewi di lokasi kejadian.

Tanpa menaruh curiga, Dewi langsung mencarikan charger HP yang dicari oleh pelaku. Karena tidak ketemu, lalu Dewi mengambilkan charger lain dengan merk xiaomi.

“Setelah itu saya suruh coba (charger) di sini. habis itu saya cari kepala charger di belakang. Pas mau saya suruh coba, taunya bapaknya yang beli tadi gak jadi,” ujarnya.

Dewi pun kesal dengan ulah orang itu karena tidak jadi beli. Ketika disamperin, ternyata kedua orang itu sudah pergi. Dewi tak sadar pada saat menyamperin pelaku, ia menaruh handphon di kursi duduk di dalam counter.

“Karena gak jadi beli, saya kesel kan, saya samperin orangnya tapi sudah pergi. Terus saya baiik lagi, nah di situ saya baru sadar HP sudah gak ada. Posisi HP di kursi sebelah saya,” kata dia.

Dewi berusaha mencari dan mengejar pencuri HP, namun tidak ketemu. Setelah dicek di rekaman CCTV, terlihat jelas pelaku mengambil HP dengan tangannya melangkahi etalase konter.

“Saya cek CCTV, terlihat HP-nya dicuri, tangannya mengambil dengan cara melangkahi etalase ini. HP yang dicuri merk realme tipe c11 warna abu-abu. Harganya sekitar Rp2 jutaan,” jelasnya.

Dewi menegaskan, pelaku ada dua orang dengan mengendarai sepeda motor. Sayangnya, Dewi tidak mengetahui merk maupun nopol kendaraan tersebut. Dengan berbekal rekaman CCTV, pemilik konter HP akan melaporkan peristiwa pencurian itu ke kepolisian setempat

“Kejadianitu rencananya ini mau saya laporkan ke polisi dan mudah-mudahan pelaku aegera tertangkap,” tutupnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel