oleh

Mahasiswa Jombang Refleksi Antikorupsi Sedunia di Taman Kebon Ratu

Jombang, Jurnal Jatim – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Jombang (Ikabemjo) menggelar refleksi hari antikorupsi sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember di Taman Kebon Ratu, Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Rabu malam, (8/12/2021).

Pada intinya, mereka mendorong pemerintah untuk terus melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia sekaligus mengajak semua masyarakat dan mahasiswa memerangi korupsi di Negeri ini.

Ketua Ikabemjo, Muhammad Fajar mengungkapkan, pada momentum hari antikorupsi sedunia, ia mengajak semua elemen untuk menanamkan jiwa-jiwa patriot sekaligus membantu pemerintah memberantas korupsi.

“Merefleksikan di hari antikorupsi 2021, kami mengadakan kegiatan pementasan musikalisasi puisi dan lomba orasi yang diikuti mahasiswa. Kami juga bersama-sama mendoakan para saudara kita yang terkena musibah gunung Semeru,” kata Fajar.

Banyaknya pejabat di Indonesia terlibat korupsi yang merugikan negara dan tentunya menyengsarakan rakyat menjadi keprihatinan tersebdiri. Ia pun mengajak masyarakat dan mahasiswa lainnya terus menyuarakan antikorupsi.

“Kami terus menyuarakan semangat antikorupsi, karena kami melihat kepudaran semangat dari teman-teman mahasiswa. Semoga refleksi ini dapat menyadarkan seluruh masyarakat dan mahasiswa di Jombang agar tidak melakukan korupsi,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Jombang, Syarif Hidayatulloh yang hadir dalam refleksi hari antikorupsi itu mengaku sangat mendukung serta mengapresiasi.

“Refleksi antikorupsi diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pencegahan korupsi di masa yang akan datang, sekaligus mengingatkan kepada kita semua untuk tidak korupsi termasuk saya. Seluruh elemen masyarakat untuk menjauhi korupsi. Korupsi bisa terjadi dimana saja kapan saja dan oleh siapa saja,” ujarnya.

Gus Sentot sapaan akrabnya menyebut pencegahan korupsi adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat, tidak hanya pada aparat hukum, dan pihak eksekutif maupun legislatif.

“Tanggung jawab semuanya, dan kita butuh gerakan – gerakan mahasiswa seperti tadi malam untuk mengingat kepada khalayak masyarakat tentang bahayanya korupsi,” ujarnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid