oleh

Satu Tahun Tidak Ditempati, Atap Sekolah di Jombang Ambruk

Jombang, Jurnal Jatim – Setelah satu tahun tak ditempati karena para murid belajar daring, bangunan atap Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Catakgayam, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Jawa Timur, ambruk.

Beruntung saja tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, karena ruang tersebut sudah dikosongkan dan juga kejadiannya pada malam hari serta tidak ada orang.

“Ruang itu sudah kita kosongkan, hampir satu tahun tidak ditempati,” kata Plt Kepala SDN 1 Catakgayam, Miftahul Rohmah kepada wartawan, pada Jumat (8/7/2021).

Bangunan atap yang ambruk adalah ruang kelas 5. Kondisinya terlihat porak-poranda. Genting dan penyangga memenuhi ruang kelas itu. Atap ruang kelas itu ambruk pada Rabu malam (6/10/2021) disaat tidak ada aktivitas. Ambruknya atap ruang kelas diduga karena kondisinya sudah lapuk dimakan usia.

“Kejadiannya malam, jadi memang sedang tidak ada kegiatan di sekolah. Ruang kelas (ambruk) ini kondisinya sudah mengkhawatirkan. Jadi, ya usia bangunan sudah tua,” katanya.

Selain ruangan kelas 5, dua ruang kelas lainnya yang masih satu lokal kondisinya juga serupa. Yaitu ruang kelas 3 dan kelas 4. Pihak sekolah sebelumnya sudah mengosongkan tiga ruang itu karena khawatir membahayakan. Pun terbukti salah satu ruang kelasnya ambruk. Para siswa kini menghuni ruangan di lantai dua gedung baru.

“Terkadang, atapnya satu persatu jatuh gitu. Tapi ya tidak sampai mengganggu kelancaran pelajar saat belajar di sekolah, karena sebelumnya anak-anak juga belajar daring dari rumah. Karena ada tiga ruangan yang selama ini sudah dikosongi,” ujarnya.

Dikatakan Rohmah, pihaknya telah menyampaikan ke dinas pendidikan dan kebudayaan Jombang serta mengajukan rehab perbaikan bangunan sekolah yang kondisinya kurang layak.

Puhak dinas juga sudah merencanakan  pembangunan rehab dilakukan tahun ini dengan anggaran APBD tahun 2021. Namun, belum sempat diperbaiki, bangunan tersebut sudah ambruk

“Sudah diajukan ke Dinas (Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Jombang). Rencana bulan Oktober ini pengerjaan rehab bangunan kelas di SDN Catakgayam. Kedepannya kami tinggal menunggu perbaikan dari dinas,” tutupnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid