oleh

Ponpes di Jombang Sambut Baik Perpres Atur Dana Abadi Pesantren

Jombang, Jurnal Jatim – Pesantren di Jombang, Jawa Timur menyambut baik diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 8 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang diteken Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 2 September 2021.

Salah seorang pembimbing pondok pesantren di Kabupaten Jombang, Farid Al farisi mengaku, pihaknya menyambut baik diterbitkannya Perpres yang mengatur Dana Abadi Pesantren itu.

“Ini kabar baik bagi pesantren, dan ini merupakan bukti pemerintah memperhatikan kaum santri dan pesantren,” ungkap pembimbing pondok pesantren putra Al Wahabiyyah, Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang tersebut, Rabu (15/9/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Farid itu mengatakan, dengan ditekennya Perpres Nomor 8 Tahun 2021 oleh Presiden Joko Widodo, penyeleggaraan pendidikan di pesantren bisa makin meningkat.

“Fasilitas dan kualitas pendidikan di pesantren bisa semakin meningkat karena adanya dukungan pendanaan,” katanya.

Selain itu dengan dukungan anggaran yang dijamin oleh Perpres nomor 8 tahun 2021, fungsi pesantren sebagai lembaga dakwah juga bisa ditingkatkan.

“Kami juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat jika mendapatkan dukungan pendanaan di luar pendanaan pendidikan pesantren,” ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang itu.

Menurutnya, dengan Perpres itu akan ada jaminan anggaran pengelolaan pendidikan yang bisa datang dari berbagai sumber, seperti dari kalangan masyarakat, pemerintah, dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Anggota Fraksi PPP DPRD Kabupaten Jombang itu mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, maupun kepada DPR-RI.

Meski telah mendapat angin segar lewat Perpres nomor 8 tahun 2021 ini, Gus Farid berharap, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten pada tahun 2022 mendatang benar-benar menganggarkan dana penyelenggaraan pesantren.

“Kami berharap kepada pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota agar menindaklanjuti Perpres ini,” tutupnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel