oleh

Pak Dewan dan LSM di Jombang Tebar Seribu Paket Sembako ke Pekerja Seni

Jombang, Jurnal Jatim – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Rembug Masyarakat Jombang (FRMJ), Jawa timur dan anggota DPRD setempat menebar seribu paket sembako kepada kelompok pekerja seni yang terdampak Pandemi COVID-19 dan PPKM Level 3 daerah setempat, Minggu (5/9/2021).

Bantuan paket sembako diberikan secara langsung oleh anggota DPRD Jombang, Dukha bersama koordinator LSM FRMJ, Joko Fatah Rochim di sejumlah tempat.

Pemberian bantuan paket sembako berupa beras, mi instan, minyak goreng, gula dan ayam tersebut sebagai bentuk kepedulian kepada mereka yang selama ini sepi job sejak pandemi berlangsung lebih dari satu setengah tahun.

“Bantuan paket sembako ini untuk meringankan kebutuhan teman-teman pekerja/pelaku kesenian tradisional yang selama ini terdampak pandemi,” kata Fatah di sela memberikan bantuan paket sembako kepada kelompok pelaku seni jaranan di Desa Mojowangi, Kecamatan Mojowarno, Jombang.

Pantauan Jurnaljatim.com, ribuan paket sembako diangkut menggunakan mobil pikap yang kemudian dibagikan kepada sejumlah kelompok pekerja atau pelaku seni tradisional jaranan dan bantengan.

“Kita membagikan kepada 9 kelompok seni jaranan dan 7 kelompok kesenian bantengan yang tersebar di Kabupaten Jombang. Penyaluran paket sembako dengan menerapkan Prokes,” ujarnya.

Pak Dewan dan LSM di Jombang Tebar Seribu Paket Sembako ke Pekerja Seni

Di antaranya di Kecamatan Mojowarno, Diwek, Jombang kota, Perak, Megaluh, Bandarkedungmulyo, Peterongan, Ploso, Megaluh dan kecamatan lain.

Menurut dia, pandemi COVID-19 benar-benar menghantam ke semua sektor, utamanya para pekerja seni. Bahkan, untuk bisa menafkahi keluarga banyak dari mereka terpaksa membanting setir beralih profesi, agar dapur tetap mengepul.

“Kita doakan bersama semoga pandemi ini segera berlalu sehingga aktivitas kembali seperti sediakala,” ucapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Jombang, Dukha, menambahkan, pemberian bantuan paket sembako kepada para pekerja seni di Kabupaten Jombang itu sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka.

Ketua DPD PAN Jombang tersebut juga mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak serta mengurangi mobilitas guna mencegah laju penyebaran virus corona.

“Tetap mematuhi Prokes guna menekan penyebaran virus corona,” kata Dukha.

Pak Dewan dan LSM di Jombang Tebar Seribu Paket Sembako ke Pekerja Seni

 

Editor: Azriel