oleh

Antisipasi Kebakaran, Petugas Lapas Jombang Latihan Padamkan Api

Jombang, Jurnal Jatim – Petugas Lapas Jombang, Jawa Timur mendapat bekal pelatihan sekaligus simulasi penanganan kebakaran dari Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Jombang di lapangan serbaguna Lapas setempat, Selasa (21/9/2021).

Seperti diketahui, insiden kebakaran di lingkungan Lapas bukan fantasi lagi. Tragedi kematian puluhan warga binaan Lapas Tangerang menjadi pukulan telak yang perlu ada antisipasi.

Nah, pelatihan tersebut menindaklanjuti peristiwa kebakaran di Lapas Tangerang beberapa waktu lalu sekaligus sebagai pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, kondusif dan efisien.

“Kami menggandeng BPBD Kabupaten Jombang untuk memberikan pengetahuan kepada pegawai Lapas tentang tata cara darurat pemadaman kebakaran,” kata Kepala Lapas Kelas IIB, Jombang, Mahendra Sulaksana dalam keterangan tertulisnya.

Mahendra menyampaikan agar seluruh pegawai mengikuti kegiatan itu dengan baik. Menurut dia, petugas Lapas harus selalu siap menghadapi darurat, seperti kebakaran.

“Sebagai petugas pemasyarakatan, kita harus siap siaga dalam menghadapi kejadian darurat seperti kebakaran, jadi ikuti kegiatan ini dengan baik,” kata Mahendra.

Dalam pelatihan itu, petugas pemadam kebakaran (Damkar) memberikan materi pelatihan berupa pemadaman api skala kecil menggunakan kain basah, penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan APAB (Alat Pemadam Api Beroda).

Lalu, petugas lembaga pemasyarakatan kelas II B Jombang secara bergantian mempraktikkan cara memadamkan api menggunakan alat-alat tersebut.

“Semoga kegiatan pelatihan dan simulasi ini bisa menjadi bekal ilmu tambahan dalam kehidupan sehari-hari, terutama tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” ujarnya.

Komandan pemadam kebakaran, Kabupaten Jombang, M Sholeh menyebut hasil evaluasi pelatihan, petugas Lapas sudah baik dalam menyimulasikan pemadaman kebakaran menggunakan APAR dan APAB.

“Untuk alat-alat pemadam di Lapas Jombang ada yang bisa digunakan dengan baik, ada yang tidak berfungsi dan ada yang berfungsi namun kurang maksimal. Untuk itu agar dilakukan perawatan dan perbaikan sehingga nanti dapat digunakan dengan baik ketika dibutuhkan,” ujarnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel