oleh

Hari Jadi Kota Madiun, 309 Anak Ikuti Khitan Massal

Madiun, Jurnal Jatim – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur menggelar khitan massal di rumah dinas Wali Kota Madiun dalam rangkaian memperingati hari jadi ke 103, Kota Madiun, Selasa (8/6/2021).

Khitan massal diikuti 309 peserta dengan pelaterbagi itu terbagi di tiga tempat berbeda selama tiga hari ke depan. Pelaksaanaan khitan massal sengaja dipisah-pisahkan untuk penerapan protokol kesehatan.

‘’Khitan tidak boleh ditunda. Yang sudah waktunya dan anaknya berani, kenapa mesti ditunda. Tetapi dalam pelaksanaannya kita atur agar tidak terjadi kerumunan. Prinsipnya protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi.

Kegiatan khitan kali ini juga berlangsung berbeda karena master of ceremony alias MC membawakan acara dengan berbahasa Jawa. Kegiatan khitan cukup sering digelar.

Selain rutin setiap perayaan Hari Jadi Kota Madiun, khitan juga digelar dalam momen-momen tertentu. Maidi juga meninjau pelaksanaan khitan dengan sesekali melontarkan pertanyaan kepada peserta. Itu dilakukan untuk mengurangi rasa tegang peserta.

‘’Khitan itu perintah agama. Tetapi memang ada peserta yang masih setengah berani. Makanya, kita hibur agar tidak tegang,’’ ujar Maidi sembari menyebut peserta juga mendapatkan bingkisan dan uang saku.

Seperti gelaran sebelumnya, kegiatan khitan itu bekerja sama dengan Yayasan Nurul Hayat. Khitan menggunakan metode ring. Metode itu dinilai lebih efisien karena peserta sudah bisa langsung beraktivitas.

Maidi menyilahkan anak-anak yang mau khitan untuk mendaftar. Peserta tambahan akan diikutkan gelombang terakhir.

‘’Kalau masih ada yang mau ikut silahkan saja. Dinas terkait sudah saya instruksikan untuk tetap menerima (peserta). Nanti kita buatkan jadwal,’’ ujarnya.

 

Editor: Azriel