oleh

Keturunan Tionghoa Ini Bagi Paket Sembako di Jombang Selama 28 Tahun

Jombang, Jurnal Jatim– Keturunan Tionghoa, Candra Iwanto alias Ching bersedekah kepada masyarakat lingkungan Kelurahan Kaliwungu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dalam bentuk paket sembako sebanyak 450 paket, Sabtu (1/5/2021).

Sedekah ratusan paket sembako di Bulan Ramadan itu disalurkan melalui perwakilan Rukun Tetangga (RT) agar tidak terjadi kerumunan lantaran saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

“Kegiatan seperti ini rutin setiap tahun dan sudah berjalan selama 28 tahun,” kata Tjandra disela pembagian paket sembako di halaman rumahnya, Jalan Hasyim Asyari, Jombang.

Paket sembako yang dibagikan kepada warga berisi Minyak, beras, tepung dan gula. Paket tersebut sama dengan yang dibagikan tahun sebelumnya. Candra mengaku sedekah secara ikhlas tanpa kepentingan apapun.

“Saya tulus ikhlas membantu saudara-saudara saya di Kaliwungu yang ekonominya kurang beruntung. Tidak membeda-bedakan ras maupun agama. meskipun suku berbeda, tetap sama-sama saudara, satu Bangsa Indonesia,” ujar salah satu pengusaha sembako di Jombang tersebut.

Keturunan Tionghoa Ini Bagi Paket Sembako di Jombang Selama 28 Tahun

Ia menambahkan, jumlah paket yang disalurkan tahun 2021 sama dengan tahun lalu. Yang membedakan yakni penyalurannya. Dulu, kata dia, masing-masing warga datang ke tempatnya dan langsung menerima paket sembako darinya.

“Berhubung pandemi, kita serahkan ke RT kemudian disalurkan ke wargayang sudah kita beri kupon penerima,” imbuhnya.

Kepedulian kepada sesama

Sementara itu, Lurah Kaliwungu, Juwaratu Arif Wijaya mengungkapkan, penyaluran paket sembako dari Candra kepada warganya melalui RT merupakan jalan yang strategis dan sangat baik di masa pandemi COVID-19.

“Pak Tjandra adalah salah satu tokoh masyarakat Kaliwungi yang banyak kontribusinya ke lingkungan, yang membantu kami dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang diberikan oleh Pemkab Jombang,” ungkap Juwaratu di lokasi penyaluran paket sembako.

Dalam hal amal ibadah, kata dia, harus menanggalkan jabatan, suku, agama, dan ras. Karena itu pribadi dengan Yang Maha Kuasa. Sebagaimana dilakukan Candra yang notabene keturunan Tionghoa, melakukan sedakah kepada yang membutuhkan.

“Sodaqoh ini murni kepedulian antar sesama manusia, membantu warga yang kurang beruntung,” katanya.

 

Keturunan Tionghoa Ini Bagi Paket Sembako di Jombang Selama 28 Tahun

Perwakilan Ketua RT 11, Kelurahan Kaliwungu, Iwan Setiawan menyampaikan terima kasih kepada Candra atas bantuan paket sembako untuk warga yang benar-benar membutuhkan.

Iwan mengatakan, paket sembako yang diterima itu akan disalurkan kepada 41 Kepala Keluarga (KK) di lingkungan RT-nya. Pendistribusiannya dengan cara masing-masing penerima mengambil di tempat yang telah ditentukan dengan membawa kupon.

“Saya drop di pos kamling. Sebelumnya sudah saya sosiisasikan, dan warga bisa mengambilnya,” kata Wakil Ketua RT 11 tersebut.

 

Editor: Azriel