oleh

Lahan Bekas Tambang Batu Kumbung di Tambakboyo Tuban Ambruk

 

Tuban, Jurnal Jatim – Beredar luas rekaman video ambruknya lahan bekas tambang batu kumbung berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (22/4/2021).

Di dalam video berdurasi 15 detik tersebut terekam jelas detik-detik bekas lahan tambang itu ambruk. Bersyukur, tidak ada korban jiwa yang meninggal dunia maupun luka-luka.

“Itu bekas tambang yang dulu tidak berijin. Ambruk hari Selasa sore dan ada lagi Rabu pagi,” kata Hery Subagyo, Camat Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jumat, (23/4/2021).

Imam Syafi’i Kepala Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo menjelaskan, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa karena lahan bekas tambang itu sudah tidak difungsikan atau tidak ada aktivitas lebih dari satu tahun.

“Sudah lama tidak ada aktivitas tambang, satu tahun lebih,” terang Imam Syafii

Imam menduga, ambruknya lahan bekas tambang milik warga tersebut dipicu dari getaran peledakan aktivitas penambangan batu kapur yang dilakukan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) yang tempatnya tidak jauh dari lokasi tambang yang ambruk.

Termasuk, getaran dari ledakan tersebut juga dirasakan masyarakat yang tinggal disekitar aktivitas peledakan.

“Ambruknya dikarenakan (tambang, red) tidak dipakai dan sering ada getaran ledakan Holcim (sekarang SBI, red). Ledakan Holcim sekarang banter (keras, red), rumah saja terasa apalagi lokasi tambang,” pungkasnya.

 

 

Editor: Hafid