oleh

Balita Hanyut di Sungai Magetan Ditemukan Meninggal Dunia

Magetan, Jurnal Jatim – Balita bernama Muhammad Yahya, umur 2,5 tahun yang dilaporkan hanyut di Sungai Magetan, Jawa Timur ditemukan meninggal dunia, Jumat (2/4/2021).

“Benar, telah ditemukan balita yang dilaporkan hanyut di sungai wilayah Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kepala Pelaksana BPBD Magetan, Ari Budi Santoso.

Dia menjelaskan, setelah pencarian hari pertama, Kamis (1/4/2021) dinyatakan ditutup pada pukul 21.30 WIB, dan belum menemukan keberadaan korban, maka pencarian dilanjutkan pada Jumat pagi (2/4/2021).

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Magetan, Basarnas Trenggalek, potensi relawan dan masyarakat melakukan pencarian dengan penyisiran di sungai tersebut.

Hingga pada pukul 09.30 WIB, tim SRU 1 (Search Rescue Unit) berhasil menemukan korban di bawah jembatan dalam keadaan sudah meninggal dunia.

“Korban ditemukan di bawah jembatan Segowe yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari lokasi kejadian,” jelasnya.

Kemudian, jenazah korban dievakuasi petugas gabungan ke rumah duka guna penanganan lebih lanjut. Dengan ditemukannya korban, maka operasi pencarian dinyatakan ditutup.

Balita asal Balibatur, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur dilaporkan hilang diduga terseret arus sungai Kamis (1/4/2021) sore pukul 16.30 WIB.

Korban bermain air hujan

Awalnya, korban bersama orangtuanya menjenguk neneknya di Dusun Jelok, Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan. Karena turun hujan, korban bersama dua temannya Lala (5) dan Fafa (4) bermain air hujan di depan rumah.

Namun, beberapa saat kemudian Lala dan Fafa pulang ke rumahnya masing – masing. Sementara, Yahya masih bermain dan menuju ke dekat sungai tanpa ada yang mengawasi.

Adapun Rifki (40 tahun), ibu Yahya tengah salat asar. usai beribadah, perempuan itu mencari anaknya untuk dimandikan. Karena tidak ditemukan, pencarian dilakukan di rumah Lala dan Fafa.

Upaya itu tidak membuahkan hasil. Rifki mulai panik apalagi anaknya terakhir kali diketahui berjalan menuju sungai yang aliran airnya sedang deras.

Beberapa saat kemudian, informasi hilangnya Yahya yang diduga hanyut ke sungai menyebar. Petugas BPBD yang menerima laporan akhirnya mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pencarian.

 

Editor: Azriel