oleh

Sepekan Dilantik, Kajari Jombang Ziarah Makam Pendiri dan Penggerak NU

Jombang, Jurnal Jatim – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Jombang, Jawa timur, Imran ziarah ke makam penggerak dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Hasbullah setelah pekan lalu resmi dilantik menggantikan Kajari Yulius Sigit Kristanto.

Imran ziarah bersama Bupati Jombang Mundjidah Wahab serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten setempat di Kompleks makam keluarga Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, Jumat siang (12/3/2021).

Imran mengungkapkan bahwa disetiap daerah itu selalu ada sosok atau tokoh yang menjadi panutan masyarakat, seperti halnya ketika ia mendapatkan tugas sebagai Kajari Jombang yang diketahuinya terdapat figur panutan yakni, KH Abdul Wahab Chasbullah.

“Khususnya panutan masyarakat Jombang. Tentunya ini terus dipertahankan sebagai tauladan,” kata Kajari Imran yang dilantik 4 Maret 2021.

Selain melakukan ziarah ke makam Mbah Wahab, mantan Kajari Sintang, Kalimantan Barar tersebut juga menyempatkan silaturrahmi ke kediaman KH Hasib Wahab, Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum, Jombang.

Setelah itu, Imran dan Bupati Jombang mengunjungi kediaman Kiai Abdul Wahab Hasbullah yang selama ini dikenal dengan sebutan Ndalem Kasepuhan.

Di sana, Kajari Imran dan Mundjidah beserta rombongan disambut oleh Nyai Hj Machfudhoh Aly Ubaid dan Kiai Hasib Wahab yang merupakan putra dan putri Kiai Abdul Wahab Hasbullah.

Imran menambahkan, silaturahmi tersebut untuk memperkenalkan diri kepada seluruh stake holders dan tokoh masyarakat di Kabupaten Jombang.

“Itu penting dalam rangka internalisasi dan sosialisasi, sebelum kami benar-benar menjalankan tugas dan fungsi kami ini,” tandas Imran.

Bupati berharap bersinergi

Sementara itu, Bupati Mundjidah Wahab berharap, Kajari Jombang yang baru bisa bersinergi dengan program-program dari Pemkab dan kalangan pesantren.

“Pak Kajari juga melakukan inisiasi bagaimana masyarakat ini bisa sadar tentang hukum. Jadi itu akan disosialisasikan,” ujar putri Kiai Wahab Hasbullah tersebut.

Mundjidah mengatakan desa-desa di Jombang juga akan mengikuti kegiatan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan salah satu narasumber Kajari Jombang.

“Apa yang dikehendaki Pak Kajari, masyarakat ini benar-benar memahami tentang hukum,” pungkasnya.

 

Editor: Azriel