oleh

Puluhan Napi Lapas Tuban Dilatih Keterampilan Untuk Bekal Bebas

Tuban, Jurnal Jatim – Puluhan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Tuban, dilatih keterampilan berupa pengelasan, elektronik, dan meubelair atau mebel.

Kepala Lapas Tuban Siswarno, Kamis, (25/3/2021) mengatakan, pelatihan tersebut untuk menyiapkan skill atau keterampilan para narapidana untuk bekal diri ketika sudah bebas dari hukumannya.

“Kegiatan ini akan menjadikan bekal keterampilan dalam menjalani kehidupan nanti pasca bebas dari hukuman,” ungkap Siswarno.

Menurutnya, kegiatan itu diikuti 60 warga binaan yang mendapatkan keterampilan dengan bekerjasama BLK Tuban. Peserta tidak dipungut biaya dan berlangsung selama 10 hari kedepan.

“Pelatihan ini gratis untuk meningkatkan keterampilan warga binaan, dan kita siapkan keterampilan yang memiliki peluang pekerjaan tinggi, termasuk pelatihan elektronik yang dikhususkan menjadi teknisi handphone,” ujarnya.

Pelatihan tersebut disambut baik narapidana, di antaranya disampaikan SR (42). Napi kasus narkotika tersebut mengaku terbantu dengan adanya kegiatan positif itu.

“Ini kegiatan positif, gratis. Ketika nanti kita bebas, ilmu yang didapat bisa diterapkan, nanti saya pengen buka bengkel las,” ungkapnya.

Sebatas diketahui, Lapas Tuban tahun lalu mengikutkan 120 narapidana untuk mengikuti pelatihan bersertifikat dari BLK.

Setelah sukses menghasilkan karya dari hasil keterampilan, di tahun ini Lapas Tuban melebarkan sayap pelatihan di bidang servis handphone bersama BLK.

 

 

Editor: Azriel