oleh

Kakek 74 Tahun di Jombang Ditemukan Menantu Gantung Diri di Kandang

Jombang, Jurnal Jatim – Seorang kakek berusia 74 tahun, warga dusun Kandangan, Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Mirun, ditemukan meninggal dalam kondisi tergantung di kandang kambing miliknya, Jumat (19/3/2021).

Kakek Mirun diduga gantung diri karena putus asa menanggung sakit lambung dan linu-linu yang lama dideritanya dan tidak kunjung sembuh.

Peristiwa gantung diri Mirun, pertama kali diketahui Wijiati (45) yang tak lain adalah menantunya. Pagi itu sekitar jam 07.00 WIB, Wijiati bermaksud memberi makan bebeknya dan melihat korban sudah dalam kondisi menggantung.

“Saksi melihat mertuanya sudah tergantung di kuda kuda kandang kambing miliknya dengan lehernya terikat tali tampar dan sudah dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kapolsek Kesamben, Iptu Nunung Damayanti melalui keterangan tertulis.

Lantas, ibu rumah tangga itu meminta pertolongan kepada tetangga sekitar, yang selanjutnya dilaporkan ke Polsek Kesamben. Tak lama kemudian, polisi bersama tim medis mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Nunung mengatakan, sebelum gantung diri, korban sering mengeluhkan penyakitnya yang tidak kunjung sembuh yaitu penyakit lambung dan badannya linu-linu.

“Menurut keterangan pihak keluarga, kalau kumat (kambuh) korban inginnya cepat mati saja,” katanya.

Polisi menduga, kematian korban murni karena gantung diri. Hal itu diperkuat dari pemeriksaan petugas Puskesmas Kesamben tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada jenazah korban.

“Kami mengamankan barang bukti seutas tali tampar sepanjang dua meter yang digunakan untuk gantung diri,” ujarnya.

Setelah dilakukan visum luar, jenazah kakek lansia itu diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan. Atas kejadian itu, keluarga juga menyadari tewasnya korban murni karena gantung diri.

 

Editor: Hafid