oleh

Jalur Tergerus Banjir Jakarta, 6 Perjalanan KA Melintasi Daop 7 Dibatalkan

Madiun, Jurnal Jatim – Enam perjalanan Kereta Api (KA) untuk keberangkatan hari ini, 22 Februari 2021 yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun rute dari dan menuju Jakarta sekitarnya dibatalkan.

Pembatalan perjalanan KA dikarenakan jalur antara Kedunggedeh – Lemahabang, wilayah Daop 1 Jakarta masih dalam perbaikan akibat pondasinya tergerus banjir.

“Saat ini kondisi jalur masih belum aman dilalui KA sehingga perjalanan KA masih belum dapat dioperasikan,” kata Ixfan Hendriwintoko, manager humas Daop 7 melansir pernyataan VP Public Relations KAI Joni Martinus, Senin (22/2/2021).

6 Perjalanan KA Batal

Keenam jalur KA yang dibatalkan yakni KA Jayakarta relasi Pasar Senen– Madiun – Kertosono–Jombang-Surabaya Gubeng keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 04.09 WIB dan kedatangan Stasiun Senen 23 Februari.

KA Bima relasi Gambir-Madiun–Kertosono – Jombang – Surabaya Gubeng keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 02.15 WIB dan kedatangan di Stasiun Gambir 23 Februari.

KA Gajayana relasi Gambir – Madiun – Kertosono-Blitar-Malang, keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 03.20 WIB dan kedatangan di Stasiun Gambir 23 Februari.

Kemudian KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Jombang – Kertosono – Madiun – Pasar Senen, keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 15.30 WIB.

KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Jombang – Kertosono – Madiun –  Gambir, keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 18.06 WIB.

Serta KA Gajayana relasi Malang – Blitar – Kertosono–Madiun–Gambir dengan keberangkatan dari Stasiun Blitar pukul 15.57 WIB.

Pihak KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan atas pembatalan keberangkatan 6 perjalanan KA tersebut. Sampai saat ini, petugas sedang berupaya semaksimal mungkin agar jalur KA yang tergerus banjir bisa segera dilalui kembali.

“KAI memohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan Kereta Api karena cuaca ekstrim yang mengakibatkan jalur KA terendam banjir,” kata Ixfan.

“Kami akan terus berupaya dengan maksimal agar perjalanan KA dapat segera kembali normal,” lanjutnya.

Ia menambahkan, untuk mempercepat proses perbaikan jalur itu, KAI telah menurunkan alat berat berupa mesin Profile Ballast Regulator yang berfungsi untuk mengembalikan pondasi jalur KA seperti semula.

“Pelanggan yang perjalanan KA nya dibatalkan telah dihubungi oleh Contact Center KAI121 untuk diinfokan terkait pengembalian tiketnya,” imbuhnya.

KAI mengembalikan 100 persen uang tiket bagi pelanggan yang membatalkan perjalanan KA-nya. Pembatalan dapat dilakukan di seluruh stasiun penjualan tiket KA Jarak Jauh maupun Lokal hingga 30 hari setelah tanggal keberangkatan.

Sebelumnya, cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Jakarta pada Sabtu (20/2/2021) mengakibatkan banjir serta meluapnya sungai yang menyebabkan pondasi jalur kereta api tergerus oleh derasnya arus banjir.

 

 

Editor: Azriel