oleh

Awali HPN 2021, PWI Tuban Bakti Sosial Dan Donor Darah Patuhi Prokes

Tuban, Jurnal Jatim – Salah satu kegiatan Hari Pers Nasional ke 75 tahun 2021 yang dilakukan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, Jawa timur yakni menggelar kegiatan bakti sosial dan donor darah dengan tetap patuhi protokol kesehatan.

Donor darah tersebut dilakukan karena stok kebutuhan darah di rumah sakit selama masa pandemi COVID-19 sangat menurun imbas adanya wabah virus Corona. Sedangkan baksos disalurkan kepada abang becak untuk meringankan bebannya.

Kegiatan donor berlangsung di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban, dihadiri Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono beserta jajaran serta diikuti perwakilan pemerintah kabupaten setempat.

Ketua pelaksana kegiatan HPN PWI Tuban, Abdul Rohman mengatakan peringatan HPN tahun 2021 berlangsung di tengah pandemi COVID-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya untuk memutus matarantai penyebaran virus corona.

“Sesuai dengan tagline Jumat Berkah, di HPN tahun ini kita melakukan donor darah dan bakti sosial membagikan puluhan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Rohman, Jumat, (5/2/2021).

Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto mengungkapkan saat ini setiap daerah masih dalam kondisi prihatin. Sebab, masyarakat mengalami keterpurukan ekonomi akibat wabah COVID-19.

Untuk itu, dalam mengawali Hari Pers Nasional tahun 2021, PWI Tuban menggelar kegiatan donor darah wujud sinergitas insan pers sebagai mitra pemerintah dalam membantu kebutuhan darah di PMI dan rumah sakit.

“Sedangkan bakti sosial ini juga kita lakukan untuk membantu warga yang membutuhkan. Semoga pandemi ini segera selesai, sehingga perekonomian masyarakat kembali normal,” kata reporter MNC Group.

PMI Sampaikan Terima Kasih

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Tuban, Didik Suharsoyo berterimakasih kepada PWI Tuban karena di HPN tahun ini masih tetap konsisten melaksanakan donor darah dan bakti sosial seperti tahun sebelumnya.

“Dalam kondisi pandemi seperti ini, PWI Tuban tetap menggelar kegiatan donor darah, ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Dikatakan dia, di tengah wabah virus corona ini, stok darah PMI Tuban dan rumah sakit sangat terbatas, apalagi banyak warga yang justru takut untuk melakukan donor darah. disisi lain kebutuhan darah terus berlangsung.

“Sekali lagi, kami sangat berterimakasih kepada PWI Tuban yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga acara HPN PWI Tuban sukses dan bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan HPN ke-75 PWI Tuban dimulai dari hari Jumat, (5/2/2021) sampai dengan Rabu, (17/3/2021). Meliputi donor darah, bakti sosial, tasyakuran dan doa bersama, dan puncak HPN menggelar Workshop dan PWI Award 2021 di Pendopo Kridho Manunggal Tuban.

 

Editor: Azriel