oleh

Polisi Jaga RS di Jombang Antisipasi Bawa Paksa Jenazah COVID-19

Jombang, Jurnal Jatim – Kepala polisi resor (Kapolres) Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho menerjunkan personel untuk berjaga disejumlah rumah sakit (RS) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur sebagai antisipasi kasus pemulangan paksa jenazah pasien COVID-19.

Agung menyampaikan itu usai gelar apel kesiapsiagaan antisipasi bencana alam, konflik sosial dan pengambilan paksa jenazah pasien COVID-19 di lapangan Mapolres Jombang, Kamis (28/1/2021).

“Kita mengantisipasinya dan melakukan pergelaran pasukan, dan membagi tugas. Sudah saya sprint-kan, setiap rumah sakit yang ada di Kabupaten Jombang ini kita tempatkan anggota,” kata Agung.

Selain sebagai antisipasi terjadinya pemulangan paksa jenazah pasien COVID-19, petugas yang berjaga juga akan memberikan edukasi kepada pihak keluarga pasien COVID-19.

Agung melanjutkan, keputusan untuk melakukan penjagaan di rumah sakit itu bukan tanpa sebab. Pihaknya sudah menemukan dua indikasi akan adanya kasus itu di Kabupaten Jombang.

Namun, itu berhasil dicegah setelah pihaknya memberikan edukasi serta masukan dengan sabar hingga akhirnya keluarga pasien bersedia menerimanya.

“Sebenarnya, perebutan jenazah COVID-19 itu ada pidananya. Jadi kita menghindari itu, makanya akan saya pasang papan imbauan, karena mungkin masyarakat tidak tahu,” kata lulusan Akpol tahun 2002 ini.

Mantan Kasubagrenmin Bagrenmin SSDM Polri ini berharap masyarakat bisa memahami sehingga tidak ada kejadian perebutan jenazah pasien COVID-19 di wilayah hukumnya.

 

Editor: Azriel