oleh

Jelang Pergantian Tahun, 43 Orang Terjaring Operasi Yustisi di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Sehari jelang pergantian tahun 2021, sebanyak 43 orang terjaring dalam operasi yustisi yang digelar petugas gabungan di dua tempat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (31/12/2020) siang.

Warga terjaring razia karena tidak memakai masker saat di luar rumah. Mereka diberi sanksi bervariatif, mulai penyitaan KTP, menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga Push up.

Razia itu dipimpin perwira pengawas Polres Jombang AKP Mochamad Mukid dengan melibatkan 30 orang personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang.

Mukid menuturkan, razia yustisi selama 30 menit di bundaran ringin contong, Jalan Wahid Hasyim, tercatat 20 orang pelanggar protokol kesehatan.

“Rinciannya 1 KTP disita, 14 orang sanksi teguran dan 5 orang sanksi sosial berupa push-up, menyanyi lagu Indonesia raya serta mengucapkan pancasila,” kata Mukid merinci.

Kemudian di simpang empat, jalan Brigjen Kretarto, Jombang, petugas menjaring 23 orang pengendara tak pakai masker. Petugas lalu memberikan sanksi pada mereka.

Rincian sanksi yakni penyitaan KTP 3 orang, lalu 15 orang sankai teguran dan lima orang dihukum push up di tempat serta selebihnya menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Polisi yang menjabat Kasatresnarkoba itu menegaskan, petugas gabungan akan terus mengelar razia yustisi di sejumlah tempat karena semakin banyak masyarakat yang terpapar COVID-19.

“Mengingat menyambut malam tahun baru, kita ciptakan kondisi wilayah Jombang yang aman, sejuk dan kondusif,” tegasnya.

Ia menambahkan, operasi gabungan yustisi itu dalam rangka penerapan Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang disiplin protokol kesehatan.

Kemudian penerapan Perda Provinsi Jatim nomor 2 tahun 2020 serta Perbup nomor 57 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

“Kami imbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak,” imbaunya.

 

 

Editor: Azriel