oleh

Hari Ini 19 Daerah di Jawa Timur Gelar Pilkada Serentak 2020

Surabaya, Jurnal Jatim – Total sebanyak 270 Daerah di Indonesia hari ini Rabu 9 Desember 2020 menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) 2020 secara serentak. Dari jumlah itu, ada 19 daerah di Jawa Timur yang menggelar pesta demokrasi.

Ke-19 daerah di Jawa Timur yang menggelar pesta demokrasi dengan rincian ada di 3 kota, yakni Surabaya; Blitar dan Pasuruan.

Kemudian di 16 Kabupaten yakni Ngawi; Jember; Lamongan; Ponorogo; Blitar; Situbondo; Kediri; Sumenep; Gresik; Malang; Mojokerto; Pacitan; Trenggalek; Sidoarjo; Tuban dan Banyuwangi.

Sistem pilkada secara serentak pada tahun 2020 merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan di Indonesia. Pelaksanaan pemungutan suara digelar di tengah wabah Virus Corona penyebab COVID-19.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, ada 48.607 TPS yang disiapkan untuk Pilkada Serentak di 19 kabupaten/kota di Jatim hari ini. Seluruhnya siap melaksanakan pencoblosan dan tidak ada yang tertunda.

“Semua logistik pemilu dan APD (Alat Pelindung Diri) sudah clear mulai tanggal 7 kemarin. Semua sudah terdistribusikan ke seluruh TPS di 19 kabupaten/kota di Jatim,” katanya saat mendampingi Gubernur Jatim meninjau TPS di Desa Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang, Selasa (8/12/2020).

 

 

Editor: Hafid