oleh

Belajar di Rumah Pintar Sekaligus Melatih Anak Disiplin Protokol Kesehatan

Jombang, Jurnal Jatim – Rumah Pintar di Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjadi tempat belajar sekaligus melatih anak-anak disiplin protokol kesehatan COVID-19.

Rumah pintar itu telah dilaunching Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho dan Wakil Bupati Sumrambah pada Kamis (17/12/20). Sedangkan Bupati Mundjidah mengikuti secara virtual.

Pantauan Jurnaljatim.com, dalam ruang belajar di rumah pintar terdapat sejumlah komputer yang bisa digunakan belajar sekaligus mengoperasionalkan internet.

Di tempat itu, anak-anak juga diberikan edukasi kebiasaan menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun di air mengalir serta menjaga jarak.

“Rumah pintar ini bertujuan untuk meningkatkan kembali kedisiplinan protokol kesehatan agar mengurangi kasus COVID-19 di Jombang,” kata Kapolres AKBP Agung Setyo Nugroho.

Rumah pintar itu dinamakan Sidiki atau sinergi peduli anak negeri yang dibentuk atas sinergi Polres Jombang dengan Pemerintah Kabupaten setempat.

Program Sidiki sebagai optimalisasi program Kampung Tangguh Semeru yang berfokus pada pendidikan masyarakat sekaligus untuk mewujudkan desa mandiri dan digital.

“Tidak semua anak anak di sini memiliki handphone, tidak ada akses internet yang memadai. Jadi inovasi ini akan membawa manfaat agar belajar anak anak itu tak terhenti,”ucap Sumrambah.

Bupati Jombang Mundjidah menambahkan program Sidiki menjadi solusi bagi masyarakat dan anak-anak disaat pandemi untuk bisa melanjutkan pendidikan belajar melalui daring.

“Untuk jajaran Pemkab Jombang saya minta memberikan dukungan program ini sesuai tupoksi masing-masing untuk menjaga keberlangsungan pendidikan masyarakat sekitar,” katanya.

Selain di Desa Plabuhan, Rumah pintar program Sidiki juga terdapat di Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh yang secara bersamaan juga dilaunching pada saat itu.

 

 

Editor: Hafid