oleh

Tiga Pilar Kabupaten Jombang Bersih Sungai Antisipasi Bencana Banjir

Jombang, Jurnal Jatim – Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur bersama instansi terkait selalu siaga bencana di daerahnya, di antaranya melakukan bersih sungai mencegah terjadinya banjir yang dilakukan tiga pilar Kabupaten setempat, Kamis (26/11/2020).

Kegiatan itu dilakukan di sungai Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang yang dilakukan pihak BPBD, Dinas Lingkuhan Hidup, Dinas PUPR, TNI, Polri dan warga.

Turut mengikuti dalam kegiatan tersebur, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli, Dandim 0814 Letkol Inf Triyono dan Wakapolres Jombang Kompol Ari Trestiawan.

Mereka semua bekerja bergotong royong guyub membersihkan sampah yang ada di sungai dan juga beberapa pohon di pinggir sungai. Saling bahu membahu dalam menjalankan aktivitas sosial tersebut.

Alat berat berupa ekscavator juga dikerahkan untuk mempermudah kegiatan bersih bersih susur sungai tersebut. Yakni membersihkan enceng gondok di sepanjang sungai.

Akhmad Jazuli mengatakan, dipilihnya lokasi tersebut karena tiap tahun air selalu meluap hingga mengakibatkan banjir hingga ke wilayah Kecamatan Sumobito dan Peterongan.

“Banjir ini diakibatkan karena banyaknya sampah, juga tanaman eceng gondok, kangkung, ranting dan pohon tumbang yang menyangkut di jembatan¬† dekat dengan pompa air,” katanya.

“Dengan kegiatan seperti ni, saya berharap di musim penghujan, air disepanjang sungai ini bisa mengalir dengan lancar sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir,” lanjutnya.

Dandim 0814 Letkol Inf. Triyono menegaskan TNI Polri selain bertugas membela negara juga siap melakukan hal hal yang sifatnya membantu masyarakat termasuk juga kegiatan bersih sungai.

Triyono juga berpesan agar dalam melakukan pekerjaan resik kali tersebut tetap berhati hati dan selalu waspada. Ia pun menyarankan agar kegiatan itu dilakukan bersama-sama.

“Meskipun kita hari ini melakukan kegiatan yang sifatnya baik, namun harus tetap hati hati, jangan lengah, tetap waspada adanya COVID 19 dan selalu jaga jarak,” pesannya.

 

 

Editor: Azriel