Pengasuh Pondok Darul Ulum Jombang Meninggal Negatif COVID-19

() – Satu dari dua pengasuh asrama pondok pesantren Darul Ulum (PPDU), Rejoso, Kecamatan , Jombang Jombang dengan status PDP ( Dalam Pengawasan) meninggal dunia dalam perawatan di RSUD Jombang. Pasien berinisial MH (80) dinyatakan negatif corona.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan , Budi Winarno mengatakan, PDP asal Kecamatan Peterongan tersebut meninggal di RSUD pada Sabtu pagi sekitar jam 10.30 Wib dengan hasil tes swab yang pertama negatif.

“PDP asal Peterongan meninggal tadi pagi mas. Tes swab yang pertama negatif corona,” ujar Budi.

Pasien itu menjalani perawatan di rumah sakit bersama istrinya sejak pekan lalu yang diduga terpapar . Budi mengatakan, untuk satu pasien lainnya, yakni istri dari pasien yang meninggal dunia, hingga saat ini keadaanya sehat dan hasil swab-nya juga negatif COVID-19.

Sebelum dimakamkan, jenazah pasien nomor 10 tersebut, hingga siang hari berada ruang pavilium kenangan RSUD Jombang. Sebab, pemakaman menunggu hasil yang kedua keluar. Setelah jam 15.00 WIB, hasil swab kedua keluar negatif.

“Alhamdulillah, saya baru menerima telpon dari BBTKLPP (Balai Besar Teknik Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) bahwa Swab kedua negatif, sehingga kita bisa menyimpulkan saat ini beliau tidak masuk kasus COVID- 19 sampai beliau meninggal,” ujar Budi kepada .com.

Sementara itu, Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran mengatakan meninggalnya PDP tersebut dikarenakan kondisinya yant kurang baik sejak dirawat di RSUD. Ia juga dipastikan meninggal karena penyakit penyerta yakni stroke.

“Kondisi kumorbid atau yang memperberat memang ada stroke juga. Waktu masuk itu kesadarannya memang menurun sekali,” ujar Pudji Umbaran.


Editor: Hafid