Pemerintah Desa Ngepung Nganjuk Produksi 5000 Masker Untuk Warga

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Pemerintah Desa (Pemdes) Ngepung, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk terus berupaya menekan penyebaran pandemi virus corona (COVID-19). Terlebih, desa tersebut juga masuk dalam zona merah. Upaya pencegahan yang sudah dilakukan seperti melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh warga.

“Beberapa waktu yang lalu kita sudah melakukan pencegahan penyebaran covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh Dusun yang ada di Desa Ngepung,”terang Kepala Desa (Kades) Ngepung Hendra Wahyu Saputra, Rabu (8/4/2020).

Ibu PKK produksi masker

Saat ini, Pemdes setempat akan membagikan ribuan masker gratis kepada warganya yang rentan terkena dampak virus. Masker itu merupakan hasil produksi dari desa setempat.

“Kami akan bagikan kepada masyarakat yaitu masker gratis yang dalam hal ini masker tersebut dijahit sendiri oleh ibu-ibu PKK desa Ngepung yang dibantu oleh seluruh perangkat desa dan warga,”ujar Hendra.

Pembuatan di kantor desa

Menariknya, proses pembuatan masker tersebut dilakukan di kantor desa Ngepung yang baru saja diperbaiki ruangannya. Dan tidak menggangu aktifitas pelayanan masyarakat.

“Ruang kantor Desa yang cukup luas kita manfaatkan untuk proses pembuatan masker dan untuk pelayanan masyarakat masih tetap bisa dilaksanakan dengan ruangan terpisah, sehingga tanpa mengganggu ibu-ibu dalam proses penjahitan masker,”kata Hendra pada Jurnaljatim.com.

Bagikan 5000 masker gratis

Menurut Hendra, masker tersebut nantinya dibagikan melalui perangkat Dusun masing-masing melalui ketua RT/RW door to door ke warga. Pada tahap awal, pihaknya akan membuat 5000 marker dan jika kekurangan akan memproduksi lagi.

“Tahap awal membuat sebanyak 5000 Masker dan nantinya pembagian ke warga melalui RT/RW yang sekaligus memberikan edukasi cara hidup bersih dan sehat guna pencegahan COVID-19 kepada warga,”ungkap Hendra.

Imbau warga tidak panik

Hendra juga mengimbau kepada warganya, jika keluar rumah untuk selalu memakai masker dan juga untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan pakai sabun. Selain itu, perangkat desa serta ketua RT/RW dan warga turut berperan aktif dalam pencegahan penyebaran virus corona. Caranya, segera melaporkan jika ada pendatang dari luar daerah.

“Kami imbau kepada masyarakat desa Ngepung untuk tidak panik terkait desa Ngepung yang masuk zona merah dan selalu tetap waspada serta selalu mematuhi anjuran pemerintah yaitu menerapkan pola hidup bersih dan seha,”tutupnya.


Editot: Hafid