oleh

18 Parpol di Jombang Serahkan Berkas Pemilu ke KPU

Pengurus Partai Demokrat Jombang menyerahkan berkas verifikasi parpol di kantor KPU Jombang.
Jombang, Jurnaljatim.com
Dari total 22 partai politik yang ada di Jombang, saat ini 18 Partai Politik yang mendapatkan Tanda Terima Penyerahan Berkas (TTPB) untuk persyaratan peserta Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Yakni PAN, Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Garuda, Partai Golkar, PKS, serta Partai NasDem, PSI dan Perindo, PKPI, PBB, Partai Hanura, PKB, PPP, PDIP, Partai Idaman dan Partai Rakyat.
“Sampai pukul 01.00 WIB dini hari tadi ada 18 partai yang menyetorkan berkas ke KPUD Jombang dari total 22 partai yang ada di Kabupaten Jombang,” kata Komisioner KPUD Jombang, Atho’illah, Rabu (18/10/2017).
Ia mengungkapkan, partai terakhir yang menyetorkan berkas yaitu PDI Perjuangan, PPP dan Partai Idaman. Seluruh partai yang diterima berkasnya akan dilanjutkan pada penelitian administrasi dan verifikasi faktual.
“Kita belum menilai apakah dokumen ini cocok dengan realita di lapangan atau tidak, KPU hanya menerima data,” ujarnya.
Selanjutnya, KPU Jombang akan melakukan pemeriksaan administrasi mulai 17 Oktober hingga 15 November 2017. Pada tahap itu, parpol yang tidak memenuhi syarat administrasi diberi kesempatan oleh KPU merevisi ulang mulai 18 November hingga 1 Desember 2017. Hasil revisi administrasi diumumkan 12-15 Desember 2017.
Khusus partai yang belum pernah ikut pemilu, akan dilakukan verifikasi faktual dengan memeriksa langsung data partai ke lapangan. “Tahapan verifikasi ini dijadwalkan akan dilakukan pada 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018,” tandas Atho’illah.
Sekretaris DPC Partai Demokrat Jombang, Imam Hanafi mengatakan partainya telah menyetorkan persyaratan ke KPU pada (16/10/2017) kemarin dan dinyatakan sesuai dengan Sipol. “Alhamdulillah tidak ada kendala dan kita siap untuk mengikuti pemilu 2018 mendatang,” tandas anggota DPRD Jombang ini pada jurnal jatim. (Jur)

Komentar