oleh

Mengenal Mbak Eki, Ketua Fraksi Demokrat Jombang

Jombang, Jurnaljatim.com
Berhasil berkarir di politik sekaligus juga sukses dibidang usahanya, itulah nasib baik Novita Eki Wardani, S.Sos, seorang anggota DPRD Jombang. Setelah terpilih menjadi legislatif pada tahun 2014 lalu, Mbak Eki, sapaan akrabnya, membuat usaha home industri (Industri rumahan) yang menampung ratusan tenaga kerja di wilayahnya.
Mengenal Mbak Eki
Mbak Eki merupakan politisi partai Demokrat asli kelahiran Jombang pada 38 tahun lalu. Diawal, terjun berpolitik praktis adalah hal yang baru bagi Eki. Berkat kegigihan dan semangat perjuangannya, Eki terpilih menjadi DPRD Jombang dari Partai Demokrat untuk periode 2014-2019. Di kursi legislatif, perempuan kelahiran 14 November 1979 itu ditempatkan menjadi anggota komisi B dan masuk sebagai Bampeperda DPRD setempat.
Wajah Eki sering ‘menghiasi’ gedung perwakilan rakyat. Kerap tampil dan berteriak menyuarakan usulan usulan masyarakat bawah. Wanita asal Desa Mojowarno, Kecamatan Mojowarno, Jombang ini sering turun langsung dan bertemu dengan konstituennya. Selain sosialisasi tentang program ke legislatif-an, juga menyerap aspirasi masyakat bawah secara langsung. Dengan begitu dapat melihat langsung kondisi dan mengetahui keinginan masyarakat.
Seiring perjalanan waktu, kesungguhan dan keseriusan Eki di politik membuat karirnya mulai moncer. Pemilik usaha Al-Fadly ini menduduki sejumlah jabatan di kursi perwakilan rakyat. Diantaranya menjadi anggota Bampeperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah), anggota Banggar dan Ketua Fraksi Partai Demokrat. Di partai, Eki menjadi Ketua BPOKK dan ketua BMD (Barisan Massa Demokrat).
Ditengah kesibukan beraktivitas di politik, Mbak Eki juga menyempatkan diri mengelola usaha yang dirintisnya sejak dua tahun lalu, yakni percetakan dan produksi tas. Usaha tersebut melayani pemesanan cetak kalender, majalah dan sejenisnya. Hingga saat ini, penuturan dia pada jurnaljatim.com, usaha’ home industri’ yang ia kelola telah mempekerjakan sekitar 200 orang tenaga kerja.
Eki mengungkapkan, usaha itu ia lakoni sebagai penunjang hidup bersama keluarganya. Sementara, menjadi anggota Dewan, menurut dia merupakan tugas dan amanah rakyat yang harus dilaksanakan dengan tulus, ikhlas dan bertanggungjawab.
“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Tugas di partai dan Dewan tidak mengganggu usaha produksi saya. Justru semua itu saling menunjang satu sama lain,”ucap Eki. (jbg1/jur).
Profil Eki
Nama Lengkap  : Novita Eki Wardani, S.Sos
Panggilan           : Mbak Eki
Lahir                    : Jombang, 14 November 1979
Alamat                : Jalan Merdeka 146, Desa Mojowarno, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Jawa Timur.
Pendidikan
1. SDN III Mojowarno.
2. SMPN I Mojowarno.
3. SMAN 02 Jombang.
4. Universitas Brawijaya Malang Fakultas Ilmu Administrasi Niaga.
Karir politik
1. Anggota Komisi B DPRD Jombang.
2. Bampeperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah).
3. Banggar (Badan Anggaran).
4. Ketua Fraksi Demokrat.
5. Ketua BPOKK DPC Demokrat Jombang.
6. Ketua BMD ( Barisan Massa Demokrat).
Pekerjaan.
Pemilik usaha Al-Fadhly.

Komentar