Persiapkan Bibit Unggul, MTQ Lamongan 2024 Diikuti 239 Kafilah

, Jurnal Jatim – Musabaqah Tilawatil () tingkat Kabupaten Lamongan 2024 telah resmi dibuka  Lamongan, Yuhronur Efendi, di Pendopo Lokatantra, Selasa (19/3/2024).

Acara mengusung tema Semangat ilawatil Quran Mewujudkan Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan berlangsung selama dua hari 19-20 Maret 2024.

Ada tujuh cabang dari 23 golongan yang dilombakan. Di antaranya cabang Tilawah, Hifzhil Quran, Musabaqah Syahril Quran, Musabaqah Tafsir Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Karya Tulis Ilmu Al Quran, dam Musabaqah Khottil Quran.

Yuhronur mengantakan MTQ merupakan ajang mempersiapkan bibit unggul Lamongan. Para kafilah yang menjadi juara akan dikirim untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi hingga .

“Kegiatan MTQ ini kami berupaya mengembalikan marwah Lamongan sebagai gudangnya qari/qariah di Indonesia,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil tersebut meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lamongan dan para kafilah Lamongan, agar mengikuti rangkaian kompetisi MTQ hingga untuk persiapan MTQ tingkat lanjut dengan mengedepankan kualitas.

“Saya meminta agar MTQ tingkat Kabupaten hingga tahap pelatihan nanti dilaksanakan dengan mengedepankan kualitas daripada kuantitasnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Lamongan Moh. Nalikan menjelaskan, tujuh cabang yang dilombakan itu, setiap cabang ada golongannya masing masing.

“Seperti golongan putera dan puteri, anak-anak, remaja, bahkan di cabang Tilawah ada golongan khusus untuk cacat netra,” katanya.

Nalikan menyebut, minat MTQ di masyarakat Lamongan mulai meningkat, hal itu dapat dilihat dari jumlah pendaftar MTQ ke XXVII tersebut.

Tercatat ada 580 pendaftar, dan mereka harus mengikuti seleksi secara . Dari seleksi itu menghasilkan 239 orang peserta yang berasal dari kategori utusan dan independen.

“MTQ tingkat Kabupaten Lamongan diperuntukkan untuk masyarakat Jawa Timur, jadi tidak hanya untuk Lamongan saja. Dan kita lihat tahun ini antusias pendaftarnya luar biasa banyak, Alhamdulillah. Jumlah peserta tersebut akan kita ambil 3 juara per kategorinya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Nalikan juga mengukuhkan Dewan Hakim dan Panitera MTQ tingkat Kabupaten Lamongan 2024. Adanya Dewan Hakim dan Panitera MTQ diharapkan dapat memberikan penilaian pada MTQ secara objektif dan profesional atau sesuai indikator penilaian yang telah ditetapkan di setiap cabang dan golongan.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com