Pemungutan Suara Ulang Satu TPS di Jombang Digelar Besok, Ini Pemicunya

Jombang,   ulang atau PSU pemilu 2024 di Kabupaten Jombang Jawa Timur digelar besok Selasa (20/1/2024).

PSU digelar di TPS 06 Desa Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pemicu PSU karena ada pemilih luar daerah ikut mencoblos pada 14 Februari 2024 lalu.

PSU TPS 06 Desa Losari Jombang besok hanya untuk Pilpres (pilihan dan wakil Presiden) serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pemilu 2024.

KPU Kabupaten Jombang Jawa Timur telah mengeluarkan surat pemeritahuan kepada tim Paslon Pilpres dan tim kampanye DPD Pemilu 2024 terkait PSU di TPS 06 Desa Losari.

Berdasarkan surat yang diteken oleh Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi pada 17 Februari 2023, PSU hanya untuk Pilpres serta DPD Pemilu 2024.

Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Jombang, Asad Choirudin membenarkan adanya Pemungutan Suara Ulang di TPS 06 Desa Losari Kecamatan Ploso, Selasa besok.

“Hanya satu TPS di Kabupaten Jombang yang menggelar PSU. Karena ada kesalahan administrasi saat pemungutan suara kemarin,” kata Asad kepada .

Sementara itu, Katua Badan Pengawas Pemilu () Kabupaten Jombang Dafid Budiyanto mengungkapan pemicu digelarnya PSU 06 Desa Losari karena ada kesalahan administrasi.

TPS 06 Losari disinyalir adanya pelanggaran. Penyelenggara pemilu menemui pemilih yang tidak berasal RT/RW maupun desa setempat.

Tercatat ada, 21 orang warga dari luar daerah alias mencoblos di TPS tersebut.

Mereka tidak terdaftar pada (Daftar Pemilih Tetap) dan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan), namun memilih menggunakan DPK (Daftar Pemilih Khusus), yakni memakai untuk memberikan hak suaranya.

Padahal, dikatakan Dafid, seharusnya pemilih yang menggunakan dokumen kependudukan harus warga setempat.

“21 pemilih tersebut merupakan warga luar Desa Losari Kecamatan Ploso,” ujarnya.

Dafid menyebut, para pemilih tersebut berasal dari berbagai wilayah. Di antaranya berasal dari Banten dan Samarinda. “Karena ada kesalahan administrasi, akhirnya kita rekomendasikan untuk PSU,” tandas Dafid.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com