Ponorogo Jawa Timur Sebentar Lagi Miliki Universitas Nahdlatul Ulama

Ponorogo, – Ponorogo Jawa Timur sebentar lagi akan miliki Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) setelah Institut Agama Islam Sunan Giri (Insuri) berubah.

Ponorogo, Sugiri Sancoko mengatakan pilihan fakultas dari tinggi di Ponorogo semakin beragam jika Insuri berubah jadi Universitas Nahdlatul Ulama.

‘’Insuri itu kampus milik Nahdlatul Ulama () yang sebentar lagi akan menjadi UNU (Universitas Nahdlatul Ulama),” kata Sugiri saat hadir dalam acara wisuda Insuri di Graha Nirwana, Sabtu (18/11/2023).

Jika berubah status menjadi universitas, maka jumlah fakultas di Insuri akan bertambah dengan rumpun ilmu yang lebih beragam.

Sugiri berharap keberadaan UNU berdampak baik bagi Ponorogo Jawa Timur bersamaan civitas akademikanya berperan dalam .

‘’Tidak hanya hebat intelektualnya dan berkualitas dari sisi SDM (sumber daya manusia), melainkan juga tumbuh dengan akhlak Nahdlatul Ulama (NU). Negara membutuhkan peran meraka untuk menjawab tantangan bonus demografi,” ujar Sugiri melansir laman resmi Kominfo Jatim.

Sementara itu, sekretaris Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) M Faishal Aminuddin mengungkapkan bahwa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama () sudah mengidentifikasi Insuri Ponorogo layak berkembang menjadi universitas. Apalagi, Ponorogo secara geografis mendukung untuk perkembangan perguruan tinggi.

‘’Bukan pusat bisnis, Ponorogo adalah Kota dan Kota ,” terang Faishal.

Menurut dia,  PBNU menaungi banyak pesantren dan sekolah di bawah pembinaan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif. Selain itu, terdapat 278 perguruan tinggi yang sebagian dikelola yayasan. Faishal berharap UNU Ponorogo kelak memiliki ciri khas sehingga menjadi kampus unggulan.

‘Gegrafis Ponorogo mendukung untuk itu,” ungkapnya.

Faishal menyebut  tiga program studi (prodi) yang potensial untuk dikembangkan. Yakni,  seni budaya, teknik pertanian, dan ekonomi. Pihaknya memrediksi lima hingga 10 tahun ke depan, tiga prodi itu mampu menjawab tantangan zaman.

‘’Akan menjadi tempat mengembangkan diri yang akhirnya memberi kemanfaatan bagi  Ponorogo dan Indonesia,” pungkasnya. [*]

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.