TGB Bersama TPN Ganjar-Mahfud Ziarah Makam Pendiri NU KH Bisri Syansuri Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Muhammad Zainul Majdi atau lebih dikenal Tuan Guru Bajang (TGB) bersama Tim Pemenangan (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkunjung ke Jombang, .

Salah satu agenda kunjungan TGB bersama  adalah melakukan ziarah ke KH Bisri Syansuri seorang ulama pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Selasa (31/10/2023).

Kunjungan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) itu untuk melakukan ziarah ke makam KH Bisri Syansuri seorang ulama pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Selasa (31/10/2023).

Pantauan Jurnaljatim.com, rombongan TGB yaitu mantan Kapolda Jatim Komjen Luki Hermawan yang merupakan TPN Pasangan Capres-cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Turut didampingi Pengasuh Al Aziziyyah Denanyar Jombang.

Saat berziarah ke makam Bisri Syansuri di kompleks makam Pondok Pesantren Denanyar Jombang, TGB berkirim doa dan menabur bunga di atas pusara Kiai Bisri.

TGB Bersama TPN Ganjar-Mahfud Ziarah Makam Pendiri NU KH Bisri Syansuri Jombang

Pada kesempatan itu, TGB menyatakan maksud dari kunjungan berziarah ke Jombang. Menurut TGB, Kiai Bisri adalah salah satu penjuru dalam dakwah Islam di Indonesia

“Selain sebagai salah satu pendiri NU, beliau adalah guru dari para guru-guru, para kiai yang ada di Jawa maupun nusantara,” kata TGB kepada usai melakukan ziarah, Selasa (31/10/2023).

Dikatakam TGB, Mbah Bisri juga mewariskan banyak nilai – nilai kebangsaan. Nah, Itulah karakter dari para ulama, menggabungkan semangat keagamaan dengan semangat kebangsaan.

Bicara tentang beragama, menurut TGB, artinya kontributif terhadap bangsa, demikian juga sebaliknya bekerja untuk negara telah melaksanakan perintah agama.

“Dua hal yang selalu disampaikan Mas Ganjar dan Prof Mahfud MD didalam pertemuan – pertemuan,” ungkapnya.

Disampaikan TGB, berziarah adalah bagian dari bersilaturahmi sebagaimana pesan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Tidak boleh terbatas, apalagi menghadapi musim Pemilu.

“Kita ingin proses pencapresan kita ikuti dengan suka cita, tanpa menghilangkan, mengurangi, apalagi memutuskan persaudaraan sesama anak bangsa,” terang ketua harian DPP Perindo itu.

Kehadiran di Jombang, menurut TGB diminta oleh tim Ganjar Pranowo – Mahfud MD sebagai ikhtiar pemenagan. Berkunjung, mendatangi tempat-tempat yang membawa aura positif, yang di situ ada sejarah dan disitu ada nilai perjuangan.

“Bagi kami, Almaghfurlah KH Bisri Sansuri adalah inspirasi bagi kita semua, tidak terbatas pada satu kelompok atau golongan, tapi beliau guru bagi kita semua,” tandasnya.

Perlu diketahui, sebelum ke Ponpes Denanyar Jombang, TGB sebagai Wakil Ketua TPN Ganjar Pranowo bersilaturahim ke Asrama Al-Lathifiyah Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas dan Ponpes Al Aziziyyah Denanyar. Setelahnya itu dilanjutkan ke Ponpes Tebuireng, Ponpes Darul Ulum Rejoso Peterongan.

Kunjungan pertama di Ponpes Bahrul Ulum, TGB didampingi oleh mantan Kapolda Jatim Komjen Pol Lucky Hermawan dan ditemui langsung oleh mantan Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab.

Pada pertemuan singkat itu, TGB melakukan pertemuan tertutup dengan Mundjidah Wahab selaku Ketua DPW Jatim. Usai melakukan pertemuan itu, TGB juga menyapa dan memberikan tausiyah kepada para yang hadir di lokasi.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com