Ujian Praktik SIM Polres Kediri Kota Resmi Diganti Lintasan Huruf S

Kediri, Kediri Kota resmi menerapkan aturan baru ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan model lintasan huruf S mulai Jumat (4/8/2023).

Ujian baru dengan menggunakan model sirkuit lintasan huruf S tersebut sebagai pengganti manuver angka 8 yang sebelumnya digunakan.

Perubahan itu dilakukan menyusul hasil evaluasi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang menyatakan manuver angka 8 menyulitkan peserta ujian.

Para calon C baru kini tak lagi mengalami kesulitan saat melakukan ujian praktik dengan pola baru tersebut.

Kota AKP Prasetya Yana mengatakan, selain perubahan bentuk lintasan, lebar sirkuit ujian praktik ini juga mengalami penyesuaian.

Lintasan yang sebelumnya terbilang sempit dengan lebar 1,5 kali lebar kendaraan, kini diperlebar menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. Dalam materi C terbaru, uji zig-zag atau slalom test sudah tidak dipakai lagi.

Prasetya mengungkapkan alasan perubahan lintasan atau trek itu guna memudahkan masyarakat yang mengikuti uji praktek pembuatan SIM C di Polres Kediri Kota.

Kendati demikian, Prasetya memastikan desain terbaru tersebut tidak menghilangkan unsur keahlian di dalamnya.

“Iya (untuk mempermudah) ada kajian ada petunjuk dari Korlantas mengeluarkan ketentuan ini. Intinya ada beberapa dianggap sulit tetapi tidak kurangi keselamatan dan keahliannya,” kata Prasetya.

Selain itu, perluasan lebar lintasan adalah langkah penting untuk memberikan kesempatan lebih bagi peserta ujian untuk menunjukkan kemampuan berkendara mereka dengan lebih baik dan lebih aman.

“adanya perubahan ini diharapkan tingkat kelulusan ujian praktik SIM dapat meningkat, sekaligus menciptakan pengemudi yang lebih terampil dan bertanggungjawab di raya,” katanya.

Prasetya berharap para calon pengemudi atau dapat mengikuti ujian praktik SIM dengan lebih baik dan memberikan dampak positif dalam kesadaran berkendara serta keselamatan di jalan raya.

“Harapannya dengan perubahan yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan motorik pada calon pengemudi sehingga mereka bisa aman ketika berkendara di jalan,” pungkasnya.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com